Tech & Social Media

15 January 2020

5 Penyebab Koneksi Internet Indonesia Begitu Lambat

Buat para netizen, ternyata ini nih penyebabnya!
670 Views
5 Penyebab Koneksi Internet di Indonesia Begitu Lambat 5 Penyebab Koneksi Internet di Indonesia Begitu Lambat Unsplash/Leon Seibert
Memasuki dekade baru ini, keberadaan internet memiliki peran yang amat penting. Bayangkan hampir semua kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya membutuhkan internet. Jadi tak heran jika masalah kecepatan koneksi internet begitu mencuri perhatian masyarakat. 
 
Data dari Speed Test Global Index, kecepatan unduh koneksi internet pada ponsel Indonesia menduduki peringkat ke-117 di dunia. Tentu urutan tersebut sangatlah jauh dari kata ideal dengan kecepatan unduh 14,46 Mbps dan upload 10,93 Mbps.
 
Berbeda dengan Korea Selatan yang menduduki peringkat pertama di dunia, kecepatan unduh negara yang terkenal dengan idola KPOP-nya berada pada angka 117,79 Mbps dan upload 18,95 Mbps. Perbedaan kecepatan internet antara Indonesia dan Korea Selatan tentu memiliki alasan. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 penyebab lambatnya koneksi internet di Indonesia.

1. Infrastruktur yang tidak memadai

Infrastruktur yang tidak memadai Infrastruktur yang tidak memadai Unsplash/Chuttersnap

Infrastruktur jadi masalah pertama yang harus dihadapi Indonesia. Untuk membangun infrastruktur yang memadai, Indonesia harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.
 
Negara tetangga seperti Singapura sangat paham akan pentingnya infrastruktur, hingga menjadikan negara modern ini menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menduduki urutan ke-12 dalam kecepatan unduh ponsel. 

2. Bentuk geografi Indonesia

Bentuk geografi Indonesia Bentuk geografi Indonesia Unsplash/Arto Marttinen

Indonesia bukan hanya dikenal sebagai negara kepulauan, tapi juga negara dengan banyak pegunungan. Bayangkan total gunung yang aktif di Indonesia mencapai angka 129 dengan lokasi yang sangat luas, belum lagi pegunungan dengan status yang tidak aktif.
 
Kondisi geografi Indonesia yang seperti ini membuat pembangun infrastruktur menjad sulit dan memakan biaya yang lebih besar. Tantangan lainnya selain pegunungan, Indonesia memiliki hutan dan lautan yang sangat luas.
 
Baca Juga

3. Pengguna internet Indonesia yang banyak

Pengguna internet Indonesia yang banyak Pengguna internet Indonesia yang banyak Unsplash/Liam Burnett Blue

Menjadi negara berkembangan dengan angka kelahiran yang tinggi menjadi masalah lainnya kenapa koneksi internet di Indonesia begitu lambat. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), diperkirakan hingga tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia menyentuh angka 269,6 juta jiwa. 
 
Jumlah penduduk yang tinggi menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah, untuk memberikan akses internet yang mudah bagi setiap masyarakatnya dengan kondisi infrastruktur yang tidak memadai.

4. Kabel optik yang terputus akibat orang tak bertanggung jawab

Kabel optik yang terputus akibat orang tak bertanggung jawab Kabel optik yang terputus akibat orang tak bertanggung jawab Unsplash/Dina Lydia

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Direktur Utama Badan Aksebilitas Telekomunikasi & Informatika (BAKTI) Anang Latief, ada beberapa kasus kabel optik yang terputus karena ulah seorang yang tidak bertanggung jawab.
 
Banyak masyarakat awam yang berfikir bahwa kabel yang mereka temukan adalah tembaga yang bisa dijual dengan harga yang mahal. Sungguh tidakan tersebut sangat dibenarkan untuk ditiru karena sangat merugikan pemerintah dan juga masyarakat.

5. Indonesia memiliki operator yang lebih banyak

Indonesia memiliki operator yang lebih banyak Indonesia memiliki operator yang lebih banyak Unsplash/Brett Jordan

Perang antar operator seluler dalam memberikan harga yang terjangkau dengan kuota yang besar membuat banyak masyarakat Indonesia memilih untuk memiliki dua kartu. Jumlah operator yang banyak menjadi alasan lainnya kenapa internet di Indonesia lebih lambat, karena setiap operator berbagi spektrum jaringan.
 
Kelima penyebab ini yang membuat koneksi internet di Indonesia lebih lambat dari negara tetangga. Meski Indonesia memiliki koneksi internet yang lambat, kamu tetap masih bisa berselancar di dunia maya setiap harinya.
 
Kamu yang butuh rekomendasi tempat hangout, meeting, atau sekadar bersantai dengan ambience yang nyaman dan fasilitas internet yang stabil bisa berkunjung ke beberapa lokasi HIGOspot.
 
Baca Juga
0 Suka