Tech & Social Media

30 July 2019

5 Penempatan WiFi Router Agar Sinyal di Rumah Lancar

Coba cek sudah betul atau belum?
2346 Views
5 Penempatan WiFi Router Agar Sinyal di Rumah Lancar www.lifewire.com
Kamu yang memiliki WiFi router di rumah tapi masih merasa kualitas internet kurang lancar? Bisa jadi masalahnya bukan berada di WiFi router yang kurang bagus tapi penempatannya yang kurang tepat.
 
Penempatan memiliki faktor yang penting untuk diperhatikan agar kekuatan sinyal yang dihasilkan tetap berjalan dengan lancar.
 
Bagi kamu yang belum familiar, WiFi router adalah alat yang digunakan untuk mengubah koneksi internet menjadi gelombang sinyal yang bisa digunakan tanpa kabel dan dengan mudah dihubungkan ke berbagai device yang ada.
 
Untuk itu, agar kualitas sinyal yang dipancarkan dari WiFi router memiliki kekuatan sinyal yang maksimal, kamu bisa mengikuti beberapa aturan berikut ini.

1. Jauhkan dari benda berbahan logam

Jauhkan dari benda berbahan logam Unsplash/Jens Kreuter

Benda logam mampu memengaruhi penerimaan sinyal dari gelombang WiFi ke berbagai device. Ini karena benda yang bermuatan logam mampu memantulkan gelombang elektromagnetik yang mampu memengaruhi kekuatan sinyal.
 
Televisi, microwave, kipas angin dan beberapa benda bermuatan logam lainnya perlu untuk dihindari dari gelombang sinyal yang dipancarkan memiliki kemampuan yang stabil.

2. Usahakan penempatan router WiFi berada di tengah-tengah

Usahakan penempatan router WiFi berada di tengah-tengah Unsplash/Rawpixel

Peletakkan WiFi router di tengah-tengah ruangan memiliki manfaat untuk menjangkau semua area secara maksimal. Cara ini juga membantu kamu yang masih kesulitan memilih tempat yang pas untuk meletakkan WiFi router di rumah.
 
Baca Juga

3. Letakkan WiFi router dengan posisi yang lebih tinggi

Letakkan WiFi router dengan posisi yang lebih tinggi Unsplash/Misha Feshchak

Sebelum meletakkannya WiFi router pastikan bahwa kamu memilih tempat dengan posisi yang lebih tinggi agar tidak terhalang dengan kehadiran banyak orang yang berlalu lalang. 
 
Semakin tinggi posisi WiFi router di suatu ruangan, maka semakin kecil kemungkinan posisinya terhalangi oleh keberadaan yang lainnya.

4. Mengarahkan antena WiFi router dengan tegak lurus

Mengarahkan antena WiFi router dengan tegak lurus www.lifewire.com

Banyak yang beranggapan bahwa mengarahkan antena WiFi router ke arah device akan memperlancar jaringan internet, padahal kenyataannya tidaklah demikian.
 
Mengarahkan antena WiFi ke arah router secara tegak lurus akan memberikan kekuatan sinyal yang lebih baik, karena mengingat sinyal WiFi memiliki bentuk yang bulat seperti kue donat.
 

5. WiFi Solver FDTD

WiFi Solver FDTD knowtechie.com

Aplikasi ini hadir untuk membantu kamu memilih lokasi yang paling tepat untuk meletakkan WiFi router. Dengan perhitungan yang pasti dan melihat denah lokasi tempat yang kamu miliki, aplikasi ini akan memberikan lokasi yang paling tepat untuk kamu pilih.
 
WiFi Solver FDTD menjadi aplikasi berbayar yang bisa kamu gunakan dengan cara mengunduhnya di Play Store seharga Rp 12.000 rupiah.
 
Meski setiap bangunan memiliki tingkat kesulitannya sendiri, namun cara ini bisa kamu terapkan agar sinyal yang digunakan semakin lancar.
 
Jika kamu ingin internetan dengan kualitas yang lebih lancar, memilih untuk hangout di coffee shop atau co-working space dari HIGOspot bisa jadi pilihan yang tepat. 
 
Baca Juga
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar