Business Tips

19 February 2019

5 Langkah Mudah Memunculkan Ide Usaha Bagi Anak Muda

Ide usaha bisa muncul dari mana aja kok!
291 Views
5 Langkah Mudah Memunculkan Ide Usaha Bagi Anak Muda Unsplash/Jessica Radanavong
Mau punya usaha tapi bingung mau usaha apa? Nah, yang seperti ini memang sering banget terjadi di kalangan anak muda. Punya niatan untuk memulai usaha di usai muda itu keren lho, kenapa? Karena nggak semua anak muda mau dan bisa melakukannya.
 
Memunculkan ide usaha memang bukan perkara yang mudah. Semakin banyak jenis usaha yang menjamur membuat persaingan semakin ketat dan kamu harus mengeluarkan usaha yang lebih keras untuk menemukan ide usaha yang berbeda. Buat kamu anak muda yang ingin memulai usaha tapi masih bingung mau buka usaha apa, 5 langkah mudah memunculkan peluang ide usaha ini bisa kamu coba.

1. Mulailah lebih peka dengan lingkungan sekitar

Mulailah lebih peka dengan lingkungan sekitar Unsplash/Ali Yahya

Lingkungan sekitar selalu membawa banyak ide baru tapi kadang kamu sering nggak sadar. Untuk memunculkan ide usaha baru, cobalah mulai peka dengan kejadian di lingkungan sekitar. Kamu akan melihat banyak hal baru yang jarang kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal kecil yang kamu lihat bisa menjadi ide baru untuk memulai usaha.
 

2. Cobalah manfaatkan teknologi

Cobalah manfaatkan teknologi Pexels/Tranmautritam

Teknologi seperti Google dan media sosial selalu memberikan banyak informasi baru yang tak terbatas. Mulailah untuk peduli dengan berbagai perkembangan yang terjadi di berbagai belahan dunia. 
 
Kamu perlu update tentang segala hal yang sedang tren dan mulailah memilikirkannya dari segi bisnis, langkah tersebut cukup mudah untuk memunculkan ide usaha yang ingin kamu jalani.

3. Cobalah mendengarkan masalah orang lain

Cobalah mendengarkan masalah orang lain Unsplash/Mimi Thian

Siapa yang percaya bahwa masalah orang lain bisa jadi ide usaha? Wah, untuk yang satu ini kamu harus percaya! Sebelum GO-Jek menjadi salah satu unicorn di Indonesia, ide membuat aplikasi ojek onlien muncul saat banyaknya keluhan tentang transporasi di Indonesia yang dirasa belum maksimal untuk mempermudah masyarakat Jakarta khususnya. 
 
Cara menemukan ide usaha yang ketiga, kamu bisa coba mendengarkan masalah atau keluhan orang lain tentang banyak hal. Saringlah keluhan tersebut dan analisis, kira-kira jenis usaha apa yang bisa kamu ciptakan untuk memudahkan banyak orang.

4. Membaca kisah sukses orang lain

Membaca kisah sukses orang lain Unsplash/Ksenia Makagonova

Ide juga bisa muncul saat kamu membaca kisah sukses dari banyaknya CEO muda Indonesia. Biasanya dalam sebuah buku atau artikel akan menjelaskan bagaimana caranya sang CEO bisa memiliki ide untuk memulai usahanya sekarang, dari situ kamu memiliki banyak pengetahuan baru yang bisa kamu coba dan kamu kembangakan dengan kemampuan diri sendiri. 
 
Membaca kisah sukses orang lain juga memberikan semangat dan kepercayaan tinggi terhadap diri sendiri. Mulailah membaca kisah sukses dari orang yang kagumi sekarang untuk menumbuhkan ide dan semangat memulai usaha. 

5. Jalin relasi lebih luas

Jalin relasi  lebih luas Unsplash/Campaign Creators

Sering bertemu dan berhubungan dengan orang lain yang berbeda karakter pasti akan memberikan banyak pengalam baru. Saling bertukar cerita dan membahas banyak hal tanpa terasa akan memunculkan banyak ide baru. 
 
Dari banyaknya hal yang dibahas, kamu pasti akan menemukan benang merah tentang ide usaha apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan banyak orang. Setelah mengetahui lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk dapat memunculkan ide usaha baru, segeralah memulianya. Menunda walaupun hanya sebentar hanya akan membuat kamu jadi lebih malas dan niat memiliki usaha hanya akan berakhir menjadi wacana belaka.
 
Buat kamu yang sudah memiliki usaha dan ingin memaksimalkan fasilitas internet untuk mengenal semua pengunjung layaknya seorang teman, penggunaan WiFi Platform bisa menjadi solusinya. Atau buat advertiser yang ingin mencari spot iklan yang sesuai dengan terget market-nya, HIGOspot juga mampu memberikan rekomendasi spot terbaik yang membuat campaign kamu berhasil. 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar