Business Tips

24 April 2019

5 Jenis Iklan Online yang Bisa Dicoba Untuk Usaha Baru

Meski baru, usaha kamu tetap butuh diiklanin!
527 Views
5 Jenis Iklan Online yang Bisa Dicoba Untuk Usaha Baru 5 Jenis Iklan Online yang Bisa Dicoba Untuk Usaha Baru https://instapage.com
Masalah yang sering dihadapi pemilik usaha baru tentu saja keterbatasan dana untuk melakukan iklan, padahal iklan menjadi faktor yang penting untuk menarik lebih banyak konsumen dan membuat usaha kamu semakin berkembang. 
 
Keberadaan iklan online yang semakin banyak ragamnya, tentu menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan agar usaha bisa berkembang. Selain tidak merogoh kocek semahal mencetak brosur, memasang di billboard, dan media elektronik seperti televisi dan radio, iklan online mampu memberikan hasil berupa data yang bisa dianalisis nantinya. Untuk itu kelima jenis iklan online ini bisa kamu coba.

1. Instagram Ads

Instagram Ads Instagram Ads Thought Catalog/Unsplash

Melihat tingginya antusias anak muda Indonesia dalam mengakses Instagram, menjadikan peluang untuk beriklan online melalui Instagram Ads sangat tepat untuk dilakukan. Instagram Ads memiliki banyak pilihan iklan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya ada 5 jenis iklan yang bisa kamu coba untuk menarik perhatian pengguna Instagram. 
 
Iklan cerita yang tayang di Stories bisa kamu pilih sebagai permulaan. Iklan cerita memiliki ketentuan maksimal size video 4GB dengan durasi 120 detik dan 30MB untuk kapasitas foto. Jika kamu ingin menampilkan semua koleksi yang kamu miliki, jenis iklan koleksi bisa kamu coba, atau untuk menampilkan banyak foto dan video dalam satu iklan, jenis iklan carousel menjadi pilihan yang paling tepat.

2. WiFi Advertising

WiFi Advertising WiFi Advertising higo.id

Semakin banyak area publik yang dilengkapi dengan fasilitas internet, tentunya membuka peluang yang sangat besar untuk menarik lebih banyak potential customer baru. Munculnya WiFi Advertising menjadi wadah iklan yang tidak hanya mampu meningkatkan traffic serta awareness, tapi juga leads.
 
Memastikan iklan dilihat dengan segmentasi audiens yang tepat, WiFi Advertising menjadi jenis iklan online yang mampu menggiring audiens baru dengan jumlah yang bayak. Jenis iklan online seperti ini tentunya cocok digunakan untuk usaha baru sebagai ajang pengenalan.

3. Display Ads

Display Ads Display Ads http://www.7vi.co

Display Ads menjadi jenis iklan online yang bisa kamu coba selanjutnya. Display Ads merupakan jenis iklan yang akan muncul di website atau blog dalam bentuk banner digital. 
 
Selain Google Ads, banyak media lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat banner ads. Banner ads sendiri memiliki lebih banyak ukuran sesuai dengan harga dan keinginan kamu sebagai pembuat iklan. 

4. Video Ads

Video Ads Video Ads Marten Bjork/Unsplash

Selain Instagram, Youtube menjadi media sosial yang tidak kalah populernya, bahkan generasi milenial dan generasi Z sangat akrab dengan Youtube ketimbang televisi. 
 
Video Ads menjadi jenis iklan online yang bisa dicoba, karena pada dasarnya banyak orang menyukai iklan dengan cerita bukan hanya promosi semata. 
Video Ads juga sangat baik untuk meningkatkan awareness dari usaha baru. Kamu bisa mulai mendaftar di Google Ads, pilih video yang ingin dijadikan iklan, sesuaikan kategori audiens, dan tetapkan anggaran. 

5. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing Search Engine Marketing Saulo Mohana/Unsplash

Sering melihat kolom kotak kecil dengan tulisan ads saat mencari sesuatu di mesin pencari? Itu merupakan jenis iklan online yang dikenal dengan nama SEM (Search Engine Marketing).
 
Berbeda dengan SEO yang dibuat secara organik, SEM mampu membuat konten promosi kamu berada di posisi teratas mesin pencarian. Tapi membuat SEM juga butuh teknik, karena pada dasarnya bukan hanya konten kamulah yang membuat iklan. Cobalah memasukkan anggaran iklan semurah mungkin sebagai percobaan, jika iklan berjalan dengan baik kamu bisa meningkatkan anggaran yang digunakan dalam satu hari.
 
Kelima jenis iklan online ini bisa kamu coba satu persatu dan lihat jenis iklan mana yang paling sesuai dengan usaha kamu. Selamat mencoba!
0 Suka