Lifestyle

28 January 2019

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Menerima Gaji Bulanan

Jangan langsung dihambur-hamburin saat dapet gaji bulanan!
284 Views
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Menerima Gaji Bulanan 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Menerima Gaji Bulanan Unsplash/Phuong Trans
Bagi seorang pekerja hal yang paling bisa buat hati bahagia adalah saat menerima gaji bulanan. Kamu pasti sudah mulai memiliki rencana mau membeli atau mau makan apa nanti malam.
 
Eitss tapi tunggu dulu! Kamu jangan buru-buru membelanjakan uang tersebut sesuai degan keinginan kamu. Biar uang gajian kamu nggak cuma bertahan separuh jalan, 5 hal ini harus kamu lakukan saat menerima gaji bulanan. 

1. Mulailah merekap semua hutang dan membayarnya

Mulailah merekap semua hutang dan membayarnya Mulailah merekap semua hutang dan membayarnya Unsplash/Rawpixel

Siapa yang sering banget bayarin hutang setiap akhir bulan? Entah itu hutang dengan teman atau orang tua kamu harus buru-buru membayarnya ya. Hutang yang dibirkan begitu lama buat kamu jadi semakin malas untuk membayarnya. Padahal itu termasuk tanggung jawab kamu untuk melunasinya, lho.
 
Selain buat kamu semakin susah nantinya, hubungan kamu dengan teman juga jadi nggak berjalan dengan baik lagi jika kamu nggak bisa menepati janji untung membayar hutang.

2. Membayar semua tagihan bulanan

Membayar semua tagihan bulanan Membayar semua tagihan bulanan Unsplash/Artem Bali

Semakin dewasa pasti banyak tagihan bulanan yang harus kamu bayar, entah itu untuk kosan, listrik, internet, atau mungkin kartu kredit. Semua tagihan ini harus kamu bayarkan segera setelah kamu melunasi hutang.
 
Saat kamu memutuskan untuk nggak membayarnya di bulan ini, maka di bulan depan tagihannya akan semakin banyak belum lagi jika ada satu tagihan yang memiliki bunga, wah jangan sampai ya. Masa ia gajian kamu habis cuma karena bayar bunga, kan jadi sedih.

3. Membeli keperluan pribadi untuk sebulan

Membeli keperluan pribadi untuk sebulan Membeli keperluan pribadi untuk sebulan Unsplash/Phuong Trans

Ini juga menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan setelah menerima gaji bulanan. Kamu pasti memiliki kebutuhan pribadi yang wajib dipenuhi, mulai dari perlengkapan mandi, skincare, parfum dan lainnya. 
 
Di usia 20-an penampilan menjadi penting apalagi saat kamu berada di kantor. Penampilan juga masuk ke dalam kategori profesionalitas lho saat kamu bertemu dengan klien.

4. Menyisakan sebagian uang untuk ditabung

Menyisahkan sebagian uang untuk ditabung Menyisahkan sebagian uang untuk ditabung Unsplash/Rawpixel

Memiliki tabungan di usia muda itu perlu lho. Buat kamu yang masih suka kesulitan untuk menyisihkan sebagian gaji kamu untuk ditabung, kamu bisa coba buat tabungan berjangka. Cara ini bisa jadi alternatif agar kamu bisa menabung karena sistemnya auto-debet.

5. Berikan reward untuk diri sendiri dari gaji bulanan

Berikan reward untuk diri sendiri dari gaji bulanan Berikan reward untuk diri sendiri dari gaji bulanan Unsplash/Renata Fraga

Memberikan reward menjadi salah satu cara bagi kamu untuk terus semangat dalam bekerja. Reward diberikan sebagai bentuk apresiasi kamu terhadap diri sendiri karena telah memberikan kinerja terbaik dalam sebulan ini. 
 
Nggak perlu barang yang mahal kok, kamu bisa mulai dengan makan di cafe favorit, memberikan perawatan yang baik untuk tubuh, atau mungkin jalan-jalan bareng teman-teman. 
 
5 hal ini perlu kamu prioritaskan saat kamu menerima gajian bulanan dan biar gajian kamu nggak bertahan cuma separuh jalan.
0 Suka