Business Tips

21 January 2019

5 Cara Mudah Bangun Brand Identity Untuk Usaha Baru Kamu

Brand Identity itu perlu!
125 Views
5 Cara Mudah Bangun Brand Identity Untuk Usaha Baru Kamu 5 Cara Mudah Bangun Brand Identity Untuk Usaha Baru Kamu Unsplash/Kristian Egelund
Bagi usaha baru menerapkan brand identity sangat perlu untuk dilakukan. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana caranya usahamu dikenal oleh khalayak luas dan bisa menjadi kompetitor bagi usaha yang sejenis. Lalu apakah brand identity itu? Secara mudah brand identity adalah bagaimana sebuah usaha atau bisnis dikenal oleh konsumen. Ilustrasi sederhana seperti bagaimana pendapat orang lain tentang dirimu mulai dari tampilan fisik hingga prilaku. 
 
Menerapkan brand identity khususnya bagi usaha baru akan memudahkan kamu dalam mengenalkan usaha yang kamu rintis ke khalayak luas. Jika kamu masih bingung harus mulai dari mana untuk menerapkan brand identity, kamu bisa mulai dari 5 hal berikut ini.

1. Mulailah dengan menentukan target pasar yang jelas

Mulailah dengan menentukan terget pasar yang jelas Mulailah dengan menentukan terget pasar yang jelas Unsplash/Kaleidico

Sebelum memulai brand identity, cobalah untuk menentukan target pasar secara jelas dan terperinci. Ini sangat penting untuk dilakukan karena brand identity nantinya akan sangat berhubungan tentang bagaimana persepsi target pasar terhadap usaha yang kamu miliki. Kamu bisa mulai dengan berapa rata-rata umur target pasar yang ingin kamu bidik, apa yang mereka sukai, dan bagaimana kebiasaan mereka. Langkah awal ini akan sangat memudahkan kamu dalam membuat brand identity nantinya.

2. Mengenal kompetitor secara jelas

Mengenal kompetitor secara jelas Mengenal kompetitor secara jelas Unsplash/Rawpixel

Mengenal dan belajar dari kompetitor merupakan langkah yang tepat untuk kamu mampu membuat brand identity. Saat kamu mengenal siapa lawan yang harus kamu hadapi, kamu akan mampu menciptakan strategi yang tepat untuk bisa bersaing dengan mereka. Saat kamu sudah mengenal siapa kompetitor yang harus kamu hadapi, kamu bisa membuat hal baru yang tidak ada di kompetitor dan ini bisa membedakan kamu dengan mereka.

3. Buatlah semua atribut yang melekat mencerminkan usahamu

uatlah semua atribut yang melekat mencerminkan usahamu uatlah semua atribut yang melekat mencerminkan usahamu Unsplash/Element5 Digital

Tampilan fisik yang paling terlihat adalah logo, font, dan warna yang dipilih untuk mencerminkan usaha yang kamu miliki. Pastikan atribut yang dipilih mampu mencerminkan target pasar yang kamu tentukan dan yang penting adalah buat logo yang simple dan mudah untuk diingat.

4. Selalu konsisten dengan yang kamu buat

Selalu konsisten dengan yang kamu buat Selalu konsisten dengan yang kamu buat Unsplash/Scott Webb

Tidak konsisten malah akan membuat informasi yang ingin kamu sampaikan menjadi bias dan yang paling parah memuat konsumen bingung. Lewat brand identity, kamu mengharapkan bahwa usahamu akan mudah dikenal dan memiliki ciri khas, tapi jika kamu melakukan hal yang tidak konsisten akan sangat sulit untuk tercapai. Misalnya kamu melakukan komunikasi dengan bahasa yang berbeda setiap kali melakakukan iklan, ini akan membuat orang membacanya menjadi bingung.

5. Selalu melakukan interaksi dengan pelanggan

Selalu melakukan interaksi dengan pelanggan Selalu melakukan interaksi dengan pelanggan Unsplash/Tom Bennett

Membangun hubungan dengan pelanggan akan membuat kamu lebih cepat untuk dikenal. Kamu bisa mulai dari media sosial yang sifatnya gratis seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Buatlah konten yang kreatif untuk menarik mereka mengikuti akun milikmu. Agar terlihat lebih profesional kamu harus memiliki website sendiri dan blog di dalamnya. Ini akan menumbuhkan rasa percaya yang lebih besar dari sebelumnya.
 
Menerapkan brand identity untuk usaha baru sebenarnya tidak sulit, tapi yang sulit adalah kamu harus mampu melakukannya dengan konsisten dan sungguh-sungguh.
0 Suka