Lifestyle

9 September 2019

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Di Lingkungan Kantor

Ambil bagian yuk, untuk mengurangi sampah plastik di kantor!
718 Views
5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Di Lingkungan Kantor Unsplash/Brian Yurasits
Sebagai karyawan yang lebih sering menghabiskan banyak waktu di kantor, bukan berarti menjadi alasan kamu tidak bisa ikut ambil bagian untuk mengurangi sampah plastik.
 
Tak jauh berbeda saat kamu berada di rumah, mengurangi sampah plastik di kantor juga bisa kamu mulai dari hal yang paling mudah. Langkah ini penting untuk dilakukan, mengingat Indonesia sudah sangat darurat akan keberadaan sampah plastik yang semakin lama jumlahnya semakin banyak.
 
Agar kamu bisa mulai dari sekarang untuk ambil bagian dalam mengurangi sampah plasti di Indonesia, kelima hal mudah ini bisa kamu terapkan saat berada di kantor.

1. Bawa kotak bekal untuk makan siang

Bawa kotak bekal untuk makan siang Freepik/Valeria Aksakova

Tak perlu memasak di rumah jika kamu merasa malas, kamu hanya perlu membawa kotak bekal untuk makan siang tanpa perlu diisi apa-apa.
 
Kotak bekal digunakan sebagai wadah pengganti plastik atau sterofoam yang sering digunakan oleh penjual makanan. Agar lebih mudah, kamu bisa meletakkan kotak bekal makananan ke dalam goodie bag agar lebih mudah untuk dibawa.
 
Jika di kantor kamu memiliki fasilitas katering dan wadah yang digunakan masih menggunakan plastik, kamu bisa membicarakannya untuk menggantinya dengan wadah lainnya yang lebih ramah lingkungan.

2. Kurangi membeli kopi kekinian dengan cara menyeduhnya sendiri

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Di Lingkungan Kantor Pexels/Rawpixel

Kopi memang menjadi teman yang paling setia agar kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan meski kepala sudah pusing. Jadi tak heran jika banyak karyawan sangat gemar membeli kopi kekinian. 
 
Kebiasaan di atas akan menyumbangkan sampah botol plastik yang banyak jika dilakukan terus menerus, sehingga kamu perlu mengurangi kebiasaan tersebut.
 
Caranya kamu bisa menyeduh kopi sachet sendiri di pantry kantor. Atau kalau kamu ingin membeli kopi kekinian bisa menggunakan tumbler.
 
Baca Juga
Yuk, Cari Tahu Kepribadian Kamu Lewat Kopi Favorit!

3. Jauhi sedotan plastik dan ganti dengan sedotan reusable

Jauhi sedotan plastik dan ganti dengan sedotan reusable Unsplash/Swzle

Mungkin akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk mencucinya, namun kamu sudah ambil bagian untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik yang keberadaannya semakin mengkhawatirkan.
 
Dari semua sampah plastik, sedotan menjadi penyumbang yang paling besar dengan jumlah yang mencapai 93,2 juta per harinya.
 
Kamu bisa mulai mengganti sedotan plastik dengan sedotan reusable yang bisa kamu beli dengan mudah. Bahkan untuk menarik banyak orang menggunakannya, sekarang sudah tersedia berbagai model dengan pilihan warna yang beragam.

4. Membawa tote bag sebagai pengganti plastik

Membawa tote bag sebagai pengganti plastik Unsplash/Soragrit Wongsa

Saat di kantor, tak jarang kamu juga sering berbelanja camilan dengan plastik sebagai pembungkusnya. Jika kamu ingin mengurangi sampah plastik, cobalah membawa tote bag jika belanjaan kamu banyak.
 
Meski terkesan tidak sulit, namun kebiasaan ini sering dilewatkan karena kamu menganggapnya hal yang sepele. Padahal satu plastik yang kamu gunakan sekarang baru bisa terurai setelah 12 tahun lamanya.

5. Sebisa mungkin bawalah peralatan makan sendiri

Sebisa mungkin bawalah peralatan makan sendiri Unsplash/Good Soul Shop

Kebiasaan membawa peralatan makan sendiri memang terkesan masih jarang dilakukan. Padahal, selain memastikan bahwa kamu makan dengan peralatan yang bersih, kamu juga bisa mengurangi sampah plastik.
 
Biasanya saat membeli makanan di take away atau pesan melalui online kamu pasti akan diberikan perlatan makan dari plastik. Mulai sekarang, kamu bisa menolak saat ditawari menggunakan sendok plastik dan jika memesannya lewat online kamu bisa bilang kepada pihak restonya.
Cara mengurangi sampah plastik di kantor nyatanya tidak terlalu sulit untuk kamu lakukan. Kamu bisa ajak teman di kantor saat ingin mulai ambil bagian mengurangi sampah plastik, supaya kamu lebih semangat melakukannya dan kalian bisa saling mengingatkan.
 
Percayalah, hal kecil yang kamu lakukan secara konsisten akan sangat berarti dan memberikan dampak yang besar bagi lingkungan di sekitar untuk mengurangi sampah plastik. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar