Tech & Social Media

19 November 2020

5 Benda yang Wajib Dijauhi Agar Sinyal WiFi di Rumah Lancar

Benda di rumah yang wajib dijauhi dari router WiFi
50 Views
5 Benda yang Wajib Dijauhi Agar Sinyal WiFi di Rumah Lancar Unsplash/Inlytics
Fasilitas WiFi di rumah menjadi kebutuhan yang semakin penting setelah pandemi ini terjadi. Kebijakan WFH dan SFH menjadi kebiasaan baru untuk masyarakat di seluruh dunia, yang akhirnya membuat semua orang berpikir untuk memiliki fasilitas WiFi di rumah, dengan harapan memiliki kecepatan yang lebih stabil, ketimbang menggunakan paket data.
 
Di kutip dari CNN, lonjakan pengguna baru dari penyedia jasa internet seperti IndiHome dan Biznet semakin tinggi sejak pandemi melanda. Arif Prabowo, selaku VP Corpotare Communication PT Telkom mengungkapkan, sejak pandemi traffic meningkat sebanyak 13 persen di siang hari dan semakin naik hingga 15 persen saat malam hari. 
 
Setelah memasang WiFi di rumah, sebenarnya kendala untuk mendapatkan sinyal WiFi stabil banyak yang belum terealisasikan. Selain sering terasa lambat karena layanan internet yang biasa digunakan untuk sektor perumahan adalah up to, beberapa benda di rumah juga bisa jadi penghalang sinyal WiFi yang terpancar dari router
 
Beberapa benda yang sebenarnya sering digunakan, ternyata dapat memengaruhi sinyal yang dipancar router sering tidak kamu sadari. Agar masalah ini bisa kamu atas, kamu perlu tau benda apa saja yang perlu dihindari dari router WiFi.
 

1. Microwave

Microwave Unsplash/Gavin Ruane

Microvawe jadi benda pertama yang perlu kamu jauhi. Ini karena microvawe memiliki sistem kerja yang mirip dengan router. Microvawe akan mengalirkan sinyal sebesar 2,4GHz yang dapat memengaruhi sinyal yang dipancarkan router
 
Agar menghindari sinyal yang dipancarkan microwave memengaruhi kinerja router, letakkan router di tempat yang lebih tinggi dari microvawe, agar sinyal dapat dipancarkan mampe menyebar ke segala arah.
 

2. Kulkas, mesin cuci, dispenser

Kulkas, mesin cuci, dispenser Unsplash/Latrach Med Jamil

Setiap alat elektronik yang memiliki pipa untuk mengalirkan air ternyata tidak ramah terhadap sinyal WiFi. Kulkas, mesin cuci, dan dispenser jadi benda yang perlu dijauhi dari router. 
 
Meski aliran air dari beberapa elektronik yang disebutkan di atas terbilang kecil, tapi memiliki efek melemahkan sinyal WiFi yang terpancarkan oleh router.
 
Baca Juga
Benarkah Charge Ponsel Hingga 100 Persen Tidak Aman?

3. Cermin

Cermin Unsplash/James Lindsay

Memiliki cermin aesthetic yang berfungsi sebagai pajangan di ruang tamu? Kali ini kamu bisa memindahkan cermin agar tidak berdekatan dengan router WiFi. 
 
Beberapa penelitian menemukan, cermin yang didekatkan dapat memantulkan sinyal WiFi yang dipancarkan dari router. Akibatnya, sinyal WiFi terpencar dan tidak bisa menjangkau kesegala arah.
 

4. Lampu tumblr

Lampu tumblr Unsplash/Fidel Fernando

Melihat warnanya yang cantik, lampu tumblr sering digunakan sebagai hiasan di rumah. Tapi, dibalik keindahan lampu yang dipancarkan, lampu tumblr terdapat chip yang memiliki kekuatan medan magnet. Dimana medan magnet dapat berinteraksi dengan gelombang listrik yang dikeluarkan oleh router WiFi.
 
Jadi jika kamu tipe penyuka lampu tumblr, sebisa mungkin letakkan lampu tumblr di tempat yang jauh dari router WiFi.
 

5. Marmer atau beton

Marmer atau beton Unsplash/Drew Beamer

Gangguan ini biasanya sering terjadi pada rumah yang memiliki dua lantai. Material tebal ini dapat memengaruhi kekuatan sinyal WiFi karena menjadi penghambat sinyal dapat terpancar ke segala ruangan. 
 
Solusi untuk rumah berlantai dua dan ingin sinyal WiFi terpancar hingga ke sudut ruangan, kamu bisa gunakan WiFi extender. WiFi extender memiliki kemampuan untuk memancarkan sinyal dengan jangkauan yang lebih luas. Beberapa WiFi extender ini rekomendasi untuk kamu gunakan, karena selain murah, kualitasnya juga baik. 
 
Kelima benda di atas wajib kamu jauhi dari router WiFi, agar sinyal yang terpancar lebih maksimal dan dapat menjangkau ke segala ruangan. Jika kamu merasa bingung di mana seharusnya router WiFi diletakkan, kamu perlu tahu penempatan WiFi router yang benar agar sinyal di rumah lancar.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar