Tech & Social Media

24 July 2020

5 Aplikasi Bantu Kamu Jalani Hidup Sehat Saat New Normal

Disiplin adalah kunci berhasilnya hidup sehat!
230 Views
5 Aplikasi Bantu Kamu Jalani Hidup Sehat Saat New Normal Pexels/Elly Fairytale
Kamu pasti setuju ada banyak perubahan yang terjadi sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang seluruh dunia. Salah satu contoh yang paling terlihat tentu kesadaran akan pentingnya hidup sehat. 
 
Namun kesadaran akan hidup sehat saja tidak cukup. Butuh kedisiplinan dalam menjalankannya agar kesadaran akan kesehatan benar-benar berdampak terhadap diri sendiri. 
 
Selalu disiplin setiap saat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada kalanya kamu merasa sulit untuk disiplin dan patuh dengan komitmen hidup sehat yang sedang kamu jalankan. 
 
Sebagai milenial yang tidak bisa jauh dari smartphone, menjadikannya sebagai pengingat dengan berbagai aplikasi di dalamnya bisa jadi alternatif yang dilakukan. Untuk itu, 5 rekomendasi aplikasi ini bisa kamu download untuk selalu mengingatkan pola hidup sehat.

1. Memperbaiki pola tidur - Sleep Cycle

Memperbaiki pola tidur - Sleep Cycle play.google.com

Memulai pola hidup sehat bisa dilakukan dari memperbaiki pola tidur yang tidak teratur. Tidur memiliki fungsi yang begitu penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas, tapi juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk detoksifikasi serta memperbaiki hormon kekebalan tubuh. 
 
Sebagai orang yang sering begadang, konsisten menjaga pola tidur untuk teratur tentu menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan download aplikasi Sleep Cycle. 
 
Aplikasi ini bukan hanya sebagai alarm pintar yang akan berbunyi di pagi hari, tapi juga bisa menganalisa pola tidur, dan menjadikan tidur kamu terasa lebih rileks karena ada instrumen yang bisa kamu pilih.

2. Mengingatkan untuk minum air putih - Water Drink Reminder

Water Drink Reminder play.google.com

Saking sibuknya, hal kecil seperti minum air putih tak jarang sering kita lupakan. Padahal tubuh sangat membutuhkan air putih untuk menghindari dehidrasi, membantu proses pencernaan makanan, hingga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet, karena mampu mengendalikan asupan kalori dalam tubuh.
 
Pada orang dewasa, konsumsi air putih disarankan sebanyak 2000 ml atau setara dengan 2 liter per hari. Jika kamu merasa sering melewatkan minum air putih secara teratur, aplikasi Water Drink Reminder bisa membantu kamu.
 
Aplikasi ini akan mengingatkan kamu kapan waktu untuk minum air putih. Sehingga kebutuhan air pada tubuh tetap terpenuhi meski kamu sedang sibuk. Aplikasi ini juga begitu populer karena sudah diunduh di 90 negara di dunia.
 

3. Menghitung jumlah kalori makanan - Fat Counter

Menghitung jumlah kalori makanan - Fat Counter play.google.com

Memiliki tubuh ideal tentu jadi dambaan banyak orang, apalagi saat media sosial seakan menetapkan standarisasi kecantikan yang membuat kaum hawa sering merasa insecure.
 
Menjalani hidup sehat dengan bonus menurunkan berat badan sering jadi harapan nih. Agar bisa mewujudkannya, kamu membutuhkan aplikasi yang bisa menghitung asupan jumlah kalori dari makanan yang kamu makan.
 
Tubuh memang membutuhkan kalori sebagai sumber tenaga, tapi jika jumlahnya berlebihan akan menjadi lemak. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tapi rata-rata jumlah kalori untuk wanita sebanyak 2.000 kalori, sedangkan untuk pria sekitar 2.500 kalori. Untuk mengontrol kalori, kamu bisa download aplikasi Fat Counter untuk menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. 
 
Aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengetahui berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kamu santap hari ini dan berapa jumlah kalori yang dikeluarkan. Di dalam aplikasi ini kamu bisa scan makanan yang ingin kamu makan dan akan keluar berapa jumlah kalori di dalamnya. Helpful banget, kan!
 

4. Workout di rumah - Workout for Woman

Workout di rumah - Workout for Woman play.google.com

Meski new normal sudah diberlakukan, tapi kasus Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Jadi kamu yang merasa kangen ingin berolahraga, lebih baik untuk tetap melakukannya di rumah. 
 
Kamu bisa download aplikasi Workout for Woman agar tetap bisa berolahraga di dalam rumah. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa memilih goal dari olahraga yang kamu lakukan. Misalnya kamu bisa set up goals untuk menurunkan berat badan, meredakan stres, atau membentuk badan lebih ideal.
 
Kelebihan dari aplikasi Workout for Woman lainnya adalah gerakannya sangat mudah untuk dipraktekan dan ada suara yang akan memandu kamu melakukannya. Selain itu, waktu dari setiap sesi olahraga terbilang singkat. Jadi sangat mudah bagi para pemula.

5. Cobalah melakukan meditasi - Riliv

Cobalah melakukan meditasi - Riliv play.google.com

Di tengah pandemi Covid-19 yang kita tidak pernah tahu kapan wabah ini akan berakhir, menjaga kesehatan mental agar tetap waras tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh.
 
Di lansir dari situs Perhimpunan Dokter Spesial Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), sebanyak 1.522 responden yang mengikuti pemerikasaan mandiri Covid-19 melalui daring merasa cemas sebanyak 68%, depresi 67%, hingga trauma psikologis 77%. 
 
Lewat survey tersebut dapat kita simpulkan, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi kesehatan mental banyak orang. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba menggunakan aplikasi buatan anak Indonesia "Riliv".
 
Riliv akan membantu kamu melakukan meditasi dan konseling secara daring dengan para psikolog profesional. Kamu juga akan dilatih untuk hening sejenak dan membuat tubuh terasa lebih rileks dan lega. 
 
Hidup sehat itu artinya fisik dan jiwa kamu juga ikutan sehat serta bahagia. Sehingga kelima aplikasi di atas bisa membantu kamu agar tetap disiplin dan semangat menjalani pola hidup sehat. 
 
Meski banyak dari kita mulai menerapkan pola hidup sehat agar tidak terkena pandemi Covid-19, tapi setelah pandemi ini usai kamu akan merasakan bagaimana pola hidup sehat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih memaknai dan menghargai kehidupan yang kamu jalani sekarang. Jangan lupa di download ya!
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar