Tech & Social Media

26 November 2019

Youtube Music Hadir, Lantas Apa Bedanya dengan Spotify?

Perlu nggak sih instal Youtube Music?
207 Views
Youtube Music Hadir, Lantas Apa Bedanya dengan Spotify? Youtube Music Hadir, Lantas Apa Bedanya dengan Spotify? https://music.youtube.com/
Jika sebelumnya Youtube meluncurkan layanan Youtube Premium, kali ini Youtube resmi merilis Youtube Music untuk memanjakan penikmat musik tanah air.
 
Youtube Music menjadi layanan streaming lagu yang bisa dinikmati lewat website atau instal aplikasi. Bagi penikmat musik tanah air, tentunya Youtube Music bukan menjadi layanan streaming musik pertama yang hadir. Spotify menjadi layanan streaming musik yang lebih dahulu mengisi hari-hari penikmat musik di Indonesia.
 
Baik Youtube Music dan Spotify sama-sama memiliki layanan premium yang membuat setiap pengguna bebas memutar lagu tanpa iklan, lantas apa yang membuat Youtube Music berbeda?

1. Menggabungkan antara playlist musik dan video

Menggabungkan antara playlist musik dan video Menggabungkan antara playlist musik dan video https://music.youtube.com/

Menggabungkan playlist musik dengan video dalam satu aplikasi atau website jadi kelebihan Youtube Music yang bisa kamu nikmati sebagai pengguna. Official video yang recommended dan video life performances saat musisi Indonesia dan mancanegera konser juga bisa kamu nikmati dalam satu aplikasi.

2. Fitur Hotlist untuk mengetahui musik yang trending

Fitur Hotlist untuk mengetahui musik yang trending Fitur Hotlist untuk mengetahui musik yang trending https://music.youtube.com/hotlist

Sebenarnya Spotify juga memiliki kategori musik berdasarkan Top Hits, hanya saja kategori ini menampilkan playlist lagu tampa disertai video. Fitur Hotlist di Youtube Music akan menampilkan banyak list musik dan juga video yang bisa kamu nikmati dengan mudah.
 
Baca Juga

3. Bisa download video dan musik

Bisa download video dan musik Bisa download video dan musik https://music.youtube.com/

Jika kamu tipe yang suka sekali men-download ketimbang streaming, fitur downlaod di Youtube Music bisa jadi pilihannya. Namun untuk bisa menikmati fitur ini, kamu harus upgrade menjadi layanan berbayar dengan cara menjadi premium.
 
Meski Spotify tidak memiliki fitur download, tapi fitur share ke Instagram Stories tetap menjadi primadona bagi kamu yang sering share lagu favorit di Instagram.

4. Fitur penelusuran yang lebih mudah

Fitur penelusuran yang lebih mudah Fitur penelusuran yang lebih mudah https://music.youtube.com/

Sering kita menyukai lagu tapi tidak tahu apa judul lagu yang sedang kita dengarkan. Bagi kamu yang rajin bisa langsung menggunakan aplikasi Shazam, tapi tidak semua orang akan melakukan hal yang sama. Youtube Music melihat banyak orang memiliki kendala tersebut, sehingga membuat fitur penelusuran lebih mudah bagi kamu yang ingin mengetahui lagu tersebut.
 
Kamu cukup mengetik kalimat paling familiar dari lagu yang kamu baru dengarkan misalnya bagian dari reff lagu dan Youtube Music akan memberikan lagu yang paling sesuai dengan kalimat yang kamu ketikan tadi.
 

5. Iklan yang bisa di skip dengan mudah

Iklan yang bisa di skip dengan mudah Iklan yang bisa di skip dengan mudah https://music.youtube.com/

Youtube Music memiliki durasi iklan yang lebih panjang dari Spotify, tapi semua iklan tersebut bisa kamu skip. Untuk terhindar dari semua iklan yang tayang kamu harus upgrade akun kamu menjadi premium.
 
Meski Youtube Music terlihat memiliki lebih banyak keunggulan, tapi sayangnya bagi kamu yang tidak terdaftar menjadi premium, kamu tidak bisa mendengarkan musik saat aplikasi ini dikeluarkan. 
 
Jadi jika ditanya mana yang lebih worth it antara Youtube Music dan Spotify semua tergantung mana aplikasi yang lebih dekat dengan kebutuhan dan mana yang lebih kamu sukai.