Tech & Social Media

11 June 2019

Trik Mudah Memperkuat Sinyal HP Saat Berada di Tempat Ramai

Internetan tetap lancar di tempat ramai itu gampang!
Trik Mudah Memperkuat Sinyal HP Saat Berada di Tempat Ramai Trik Mudah Memperkuat Sinyal HP Saat Berada di Tempat Ramai Unsplash/Jezael Melgoza
Pernah merasa kesulitan mengakses internet saat menonton konser musik atau berada di tempat ramai? Sulitnya mendapat sinyal dan lemahnya koneksi internet saat berada di tempat ramai memang sudah menjadi masalah umum. Bayangkan kamu berkumpul bersama ratusan atau bahkan ribuan orang dalam satu tempat yang sama-sama mengakses internet, pasti kemampuan sinyal yang di transfer dari masing-masing operator akan terbagi banyak dan menyebabkan kekuatan sinyalnya menjadi lambat.
 
Bagi kamu yang hanya sesekali berada di tempat yang ramai mungkin tak perlu khawatir, tapi bagaimana dengan kamu yang bisa dibilang sering berada di tempat ramai? Tentu ini jadi masalah yang harus segera diselesaikan. Memperkuat sinyal HP jadi cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa nyaman berselancar di dunia maya meski sedang berada di tempat ramai. Untuk itu beberapa trik berikut ini bisa kamu terapkan untuk memperkuat sinyal saat berada di tempat yang ramai. 

1. Aktifkan airplane mode sesekali untuk me-refresh koneksi

Aktifkan airplane mode sesekali untuk me-refresh koneksi Aktifkan airplane mode sesekali untuk me-refresh koneksi Pexels/Skitterphoto

Harus berbagi sinyal dengan banyak orang di tempat ramai pastinya akan membuat kekuatan sinyal kamu menjadi lama, jadi wajar saat kamu ingin berselancar pasti loading-nya minta ampun. Untuk mengembalikan sinyal HP kamu, langkah awal yang paling mudah cobalah dengan mengaktifkan airplane mode di HP kamu. 
 
Airplane mode akan membantu kamu untuk me-refresh koneksi internet di HP dan menggantikan sinyal dengan kekuatan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Ini bisa terjadi karena airplane moda mampu mencari pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan keberadaan kamu sekarang, sehingga kekuata sinyal yang HP kamu dapatkan akan jauh lebih baik kualitasnya.

2. Gunakan aplikasi untuk memperkuat sinyal

Gunakan aplikasi untuk memperkuat sinyal Gunakan aplikasi untuk memperkuat sinyal Unsplash/Suika Ibuki

Jika HP kamu Android, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal saat berada di tempat ramai. Mobile Network Signal Booster jadi aplikasi yang direkomendasikan untuk dicoba, selain mudah penggunaannya aplikasi ini tidak membuat baterai HP kamu cepat habis. Kamu bisa mencobanya dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu di App store secara gratis.
 
Selain Mobile Network Signal Booster, masih ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa kamu coba seperti Signal Guard Pro atau Network Signal Speed Booster. Kedua aplikasi ini memiliki versi yang berbayar atau gratis, untuk mencobanya kamu disarankan untuk menggunakan versi yang gratis terlebih dahulu ya. 
 
Baca Juga:
Tips Mengambil Foto Agar Instagrammble, Coba Yuk!

3. Atur jaringan yang tepat untuk HP kamu

Atur jaringan yang tepat untuk HP kamu Atur jaringan yang tepat untuk HP kamu Pexels/Rawpixel

Saat sinyal 4G kamu hilang dan berganti menjadi 3G tapi kekuatan sinyalnya tetap lama, kamu bisa mencoba untuk mengatur jaringan yang tepat. Meski secara otomatis sudah terganti, kamu bisa mengganti jaringannya secara manual. Biasanya di HP android ada banyak pilihan jaringan yang bisa kamu gunakan, cobalah atur dan pilih jaringan mana yang paling memberikan performa terbaik saat kamu berada di tempat ramai. 

4. Pastikan bateria HP kamu terisi

Pastikan bateria HP kamu terisi Pastikan bateria HP kamu terisi Unsplash/Sara Kurfess

Secara otomatis mode penghemat daya akan aktif saat baterai HP kamu berada pada kondisi low. Mode penghemat daya yang aktif sedikit banyak akan memengaruhi kamu dalam mengirim pesan secara online, untuk itu pastikan baterai HP kamu terisi penuh saat berada di tempat ramai.

5. Coba menggunakan stiker penguat sinyal

Stiker penguat sinyal Stiker penguat sinyal www.static-src.com

Meski keberadaan stiker penguat sinyal masih menimbulkan pro dan kontra, tapi jika penasaran kamu bisa mencoba dan menempelkannya di HP. Untuk mendapatkan stiker penguat sinyal ini, kamu bisa membelinya di beberapa E-commerce langganan kamu dengan harga yang relatif murah. 
 
Beberapa trik ini bisa kamu coba untuk memperkuat sinyal saat tiba-tiba sinyal HP kamu lama atau hilang saat berada di tengah keramaian. Selain trik di atas, membawa modem sendiri sebagai alternatif juga bisa kamu lakukan atau saat kamu sedang berada di beberapa merchant dan area publik HIGOspot, kamu bisa menikmati fasilitas free WiFi yang tersedia di sana tanpa perlu tanya password. Kamu hanya perlu login menggunakan media sosial, nomor WhatsApp, atau email yang kamu miliki.  
 
Baca Juga:
Intip Yuk Konsep Feed yang Lagi "Happening" di Instagram!
Cara Mudah Melepas Kecanduan Gadget Buat Anak Muda
Mau Berbagi Dampak Positif? Yuk, Mulai dari Postingan-mu!