Lifestyle

16 April 2020

Tips Tetap Produktif Bekerja Saat Work From Home

Tetap produktif saat WFH? Bisa...
Tips Tetap Produktif Bekerja Saat Work From Home Tips Tetap Produktif Bekerja Saat Work From Home Pexels/Andrea Piacquadio
Setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) resmi diperlakukan di wilayah Jabodetabek, anjuran untuk bekerja dari rumah atau work from home semakin diwajibkan oleh pemerintah setempat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bagi perusahaan yang tetap memaksa karyawannya untuk datang ke kantor, akan dikenakan sanki berupa pencabutan izin usaha. 
 
Work from home memang jadi dambaan banyak pekerja kantor, karena mereka tidak perlu bangun pagi dan bersipa-siap untuk berangkat ke kantor. Namun, meski terlihat mudah dan menyenangkan, work from home tetap punya tantangannya tersendiri, karena kamu harus tetap bisa fokus selama jam kerja berlangsung.
 
Mudahnya terdistraksi dengan aktivitas keluarga di rumah, keinginan untuk bersantai di atas kasur, hingga mengakses mesia sosial dan streaming Youtube atau Netflix jadi beberapa hal yang membuat kamu kehilangan produktivitas saat work from home. Nah, agar kamu bisa menghindari berbagai gangguan yang ada di rumah dan bisa produktif, beberapa tips ini bisa dipraktekkan.

1. Lakukan aktivitas pagi seperti biasa

Lakukan aktivitas pagi seperti biasa Lakukan aktivitas pagi seperti biasa Pexel/Ba Tik

Meski merasa sejak work from home kamu jadi sering bangun lebih siang, tapi segerlah bergegas untuk mandi. Badan yang segar setelah mandi dan berganti pakaian akan membuat kamu lebih semangat untuk memulai pekerjaan di pagi hari, meski tidak berangkat ke kantor. 
 
Selama work from home, cobalah untuk tidak meninggalkan sebagai aktivitas yang biasa dilakukan. Seperti bangun pagi, melakukan stretching, sarapan pagi bersama keluarga atau pasangan, hingga memakai pakaian yang disukai. Tujuannya menjadi mood booster agar kamu bisa semangat memulai pekerjaan di pagi hari.

2. Buat to do list harian

Buat to do list harian Buat to do list harian Unsplash/Suzy Hazelwood

Merencanakan apa yang akan dikerjakan hari ini membuat kamu tahu skala prioritas dalam menyelesaikan pekerjaan. Saat hari ini ada pekerjaan lain yang minta diselesaikan hari ini, kamu jadi bisa mengambil sikap untuk menerimanya atau tidak. 
 
To do list penting sekali selama melakukan work from home, karena bisa memberikan estimasi waktu kapan sebuah pekerjaan bisa selesai dan membuat kamu tidak perlu lembur saat work from home.
 
Baca Juga
Cara Hemat Kuota Internet Saat Work From Home

3. Gunakan teknologi dengan bijak

Gunakan teknologi dengan bijak Gunakan teknologi dengan bijak Pexels/Bongkarn Thanyakij

Selama physical distancing dan melakukan work from home, selain berkumpul bersama keluarga, teknologi menjadi media yang digunakan untuk mendapatkan akses hiburan. Sehingga saat teknologi sedang digunakan untuk bekerja bijaklah dalam menggunakannya. 
 
Keinginan untuk mencari hiburan di sela-sela waktu kerja untuk me-refresh otak tentu boleh dilakukan, tapi perlu diperhatikan waktu yang dihabiskan. Jangan sampai dorongan kamu untuk mendapatkan hiburan lebih besar daripada keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Makan dengan teratur dan konsumsi multivitamin

Makan dengan teratur dan konsumsi multivitamin Makan dengan teratur dan konsumsi multivitamin Pexels/Valeria Boltneva

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, menjaga kondisi tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting agar terhindar dari Covid-19. Tak hanya perlu makan teratur, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C juga penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga. 
 
Jika kamu tipe yang ngantuk saat makan berat di pagi hari, kamu bisa menggantinya dengan meminum jus segar atau menu lain yang kamu sukai. Saat makan siang, pastikan kebutuhan protein dan vitamin tercukupi dengan mengonsumsi daging dan sayuran hijau. 

5. Tetapkan waktu untuk bekerja dan mendapat hiburan

Tetapkan waktu untuk bekerja dan mendapat hiburan Tetapkan waktu untuk bekerja dan mendapat hiburan Pexels/Jeshoots.com

Membuat aturan yang jelas tentang jam kerja selama work from home akan membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan jika tidak ingin lembur di rumah. Waktu kerja ini perlu kamu patuhi agar memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga, menonton streaming Netflix, atau membaca buku baru. 
 
Kamu bisa membuat aturan waktu yang lebih longgar dari waktu kerja biasanya saat berangkat ke kantor. Misalnya, jika kantor kamu biasanya masuk jam 8 pagi kamu bisa mulai pada pukul 8:30 atau jika biasanya waktu istirahat kamu sedikit dan sangat mepet, saat work from home kamu bisa lebih santai saat beritirahat makan siang agar saat melanjutkan pekerjaan lebih semangat. 
Tetap produktif meski work from home ternyata bukan hal yang mustahil jika kamu bisa melakukan beberapa tips di atas ini. Bagi kamu yang tidak melaksanakan work from home karena tuntutan pekerjaan tetap semangat dan jaga kesehatan ya. 
 
Yuk, buat kita yang bisa bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah tetap melakukan physical distancing agar Covid-19 tidak semakin menyebar dan menginfeksi banyak orang di Indonesia. Mari sama-sama melawan Covid-19 dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan #dirumahaja.
 
Baca Juga
Hal yang Harus Dilakukan Usai Bepergian Saat Masa Covid-19 
5 Selebgram yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Gaya Hidup Sehat
Cara Mengatasi Perasaan Stres di Tengah Pandemi Covid-19