Tech & Social Media

16 January 2019

Tips Mengambil Foto Agar Instagrammable, Coba Yuk!

Biar hasil jepretan kamu jadi lebih kece!
Tips Mengambil Foto Agar Instagrammable, Coba Yuk! Tips Mengambil Foto Agar Instagrammable, Coba Yuk! Unsplash/Joseph Akbrud
Bukan hal asing lagi bahwa Instagram menjadi media sosial yang paling hits di kalangan anak muda. Mereka dengan senang hati akan membagikan momen menarik untuk dilihat khalayak ramai, bahkan menjadikan Instagram sebagai galeri baru selain album foto, lho.
 
Selain untuk dikonsumsi diri sendiri, album foto di Instagram yang dikenal dengan nama feed juga mudah untuk dikonsumsi orang lain, setiap orang dengan mudah saling memberikan like dan komentar di setiap posting-an yang ada.
 
Untuk itu bagi kamu yang ingin foto di feed-nya bagus layaknya selegram, beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan. 

1. Sesuaikan hasil foto dengan konsep Instagram milikimu

Sesuaikan hasil foto dengan konsep Instagram milikimu Sesuaikan hasil foto dengan konsep Instagram milikimu Unsplash/AC Almelor

Agar menghasilkan feed yang kece usahakan agar kamu tidak keluar dari konsep yang ingin kamu tonjolkan. Konsep foto yang ditampilkan akan menjadi identitas akun kamu di Instagram.
 
Rencanakan setiap foto yang ingin kamu tampilkan di Instagram, hal ini agar kamu bisa melakukan persiapan dengan lebih matang dengan berbagai properti yang mendukung untuk menghasilkan foto yang maksimal.

2. Memiliki titik fokus yang kuat

Memiliki titik fokus yang kuat Memiliki titik fokus yang kuat Unsplash/Toa Heftiba

Memiliki titik fokus yang kuat membuat setiap mata yang melihat langsung mengerti makna yang ingin kamu tonjolkan dalam foto. Ada beberapa cara untuk membuat titik fokus yang kuat, kamu bisa mulai dengan aturan Rule of Third alias aturan sepertiga.
 
Cara dasar ini bisa kamu lakukan untuk menempatkan objek agar terlihat lebih fokus dari objek lainnya. Selain Rule of Third kamu juga bisa memberikan efek blur di sekitar bagian objek yang ingin dijadikan titik fokus.
 
Baca Juga
Cara Mudah Melepas Kecanduan Gadget Buat Anak Muda

3. Hindari mengambil gambar dengan objek yang terlalu ramai dan bergerak

Hindari mengambil gambar dengan objek yang terlalu ramai dan bergerak Hindari mengambil gambar dengan objek yang terlalu ramai dan bergerak Unsplash/Jakob Owens

Akan sulit menentukan titik fokus yang tepat jika objek yang kamu bidik terlalu ramai. Usahakan pilih objek yang tidak terlalu ramai dan tidak bergerak cepat, hal tersebut akan membuat kamu lebih mudah untuk menghasilkan jepretan yang kece.
 
Jika kamu menggunakan kamera, memainkan shutter speed jadi cara yang disarankan. Namun jika kamu hanya memiliki kamera foto sebisa mungkin hindari berbagai objek yang bergerak.

4. Ciptakan komposisi warna yang menyatu

Ciptakan komposisi warna yang menyatu Ciptakan komposisi warna yang menyatu Unsplash/Annie Spratt

Warna memiliki daya tarik yang besar untuk menghasilkan foto yang instagrammable, untuk itu penting mengambil foto dengan komposisi warna yang menyatu agar enak dipandang.
 
Foto dengan warna yang banyak dan terkesan nabrak akan sedikit mengganggu penglihatan. Jadi tips selanjutnya kamu harus pintar memilih objek yang memberikan tone warna yang enak untuk dipandang.

5. Terus berlatih

Terus berlatih Terus berlatih Unsplash/Evan Kirby

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan foto yang kece dan instagrammable adalah kamu harus terus berlatih. Dengan rajin berlatih kamu akan lebih peka dalam melihat objek yang bagus untuk difoto.
 
Tak cukup hanya mencobanya sekali atau dua kali, kamu perlu untuk melakukannya berkali-kali untuk bisa menghasilkan jepretan foto yang kece layaknya sang profesional. 
 
Learning by doing adalah cara yang paling baik untuk kamu lakukan agar dapat menghasilkan jepretan yang keren.
 
Buat kamu yang sedang mencari tempat yang keren buat foto-foto, kamu bisa berkunjung ke berbagai coffee shop dan juga resto yang telah menjadi partner HIGOspot
 
Baca Juga
Trik Hangout Hemat Tapi Tetap Seru Ala Generasi Z
Ini Bukti Kamu Itu Tipe Pembelajar Sejati
Mengatasi Post Holiday Blues, Agar Produktivitas Tetap Berjalan Lancar