Lifestyle

19 May 2020

Tips Lebaran Tetap Berkesan Meski Tidak Bisa Mudik

Jangan jadikan jarak sebagai penghalang silaturahmi
Cara Lebaran Tetap Berkesan Meski Tidak Bisa Mudik Cara Lebaran Tetap Berkesan Meski Tidak Bisa Mudik Pexels/Mentatdgt
Lebaran menjadi momen kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Di tahun 2020 ini, sama seperti bulan puasa, suasana Lebaran juga terasa berbeda dari tahun sebelumnya. 
 
Pembatasan aktivitas yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 membuat suasana puasa jauh dari kesan ramai, dan hal tersebut juga berlaku dengan Lebaran di tahun ini. Meski tak mudik, bukan berarti kamu tidak bisa buat suasana Lebaran tetap terasa spesial dan bermakna. 
 
Kamu yang bingung pas Lebaran nanti ingin melakukan aktivitas apa karena tidak bisa keluar rumah, kamu bisa ikuti beberapa cara ini agar buat momen Lebaran tetap terasa berkesan. Apalagi buat kamu anak kosan, ini wajib untuk ditiru.

1. Saling berbagi makanan atau parcel dengan tetangga

Saling berbagi makanan atau parcel dengan tetangga Saling berbagi makanan atau parcel dengan tetangga Pexels/Mentatdgt

Jarak yang memisahkan kamu dengan sanak saudara menjadikan tetangga sebagai orang yang paling dekat dengan kamu. Sehingga agar suasana Lebaran terasa lebih hidup dan ramai, kamu bisa saling berkirim makanan atau mungkin parcel lebaran.
 
Menjalin hubungan yang dekat dengan tetangga bukan hanya membuat kamu merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut, tapi juga bisa saling bantu dan mendukung satu sama lain. 

2. Buat silaturahmi virtual

Buat silaturahmi virtual Buat silaturahmi virtual Pexels/Mentatdgt

Jarak bukan jadi penghalang kamu untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga atau kerabat tersayang. Kamu bisa buat janji lewat group WhatsApp untuk melakukan video call bersama lewat aplikasi seperti Zoom atau Google Meet.
 
Meski tidak bertatap muka secara langsung, tapi cara ini menjadi solusi untuk saling melepas rindu yang sudah lama tertahan. Apalagi bagi kamu yang tahun lalu tidak mudik dan tahun ini juga tidak bisa mudik, pasti terasa sekali rasa kangennya. 
 
Baca Juga
5 Situs Online Buat Upgrade Skill Saat Physical Distancing

3. Mengevaluasi ibadah yang dilakukan saat ramadan

Mengevaluasi ibadah yang dilakukan saat ramadan Mengevaluasi ibadah yang dilakukan saat ramadan Pexels/The Lazy Artist Gallery

Idul Fitri maknanya kita kembali suci kembali atas segala dosa yang telah kita perbuat baik sengaja atau tidak sengaja. Sehingga saatnya kita mengevaluasi bagaimana ibadah yang sudah kita lakukan di bulan ramadan untuk dilanjutkan di bulan setelahnya.
 
Saat selesai bersilaturahmi secara virtual, kamu bisa mulai mengevaluasi bagaimana ibadah yang telah kamu lakukan. Apakah ada perkembangan dari tahun sebelumnya? Misalnya bulan ramadan kemarin, sholat kamu lebih tepat waktu atau lebih sering membaca Al-quran. Mengevaluasi ibadah yang kamu lakukan, memberikan semangat untuk lebih baik lagi meski sudah tidak di bulan ramadan lagi.

4. Menyibukkan diri dengan pekerjaan rumah

Menyibukkan diri dengan pekerjaan rumah Menyibukkan diri dengan pekerjaan rumah kathmandupost.com

Biasanya menjelang lebaran tiba masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk bersih-bersih rumah. Tapi karena work from home, waktu di rumah kamu lebih banyak dan hasilnya bersih-bersih rumah sudah jadi kegiatan yang sering kamu lakukan. 
 
Biasanya area rumah yang mudah terlihat seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan yang sering dibersihkan. Nah, sebenarnya masih banyak area yang jarang terlihat dan membutuhkan tenaga kamu untuk membereskannya, seperti pakaian di lemari, perlengkapan dapur di rak piring atau koleksi buku-buku kamu. 
 
Saat ingin merapikannya kamu pasti bingung harus mulai dari mana. Agar mudah melakukannya kamu bisa melihat tips dari pakar merapikan rumah, Marie Kondo di Youtube atau Netflix. Tidak hanya membuat lemari kamu terlihat rapi, tapi saat kamu mengerjakannya kamu juga merasa bahagia. 

5. Menonton list film recommended

5 Ide Virtual Photoshoot yang Bisa Kamu Tiru Saat di Rumah 5 Ide Virtual Photoshoot yang Bisa Kamu Tiru Saat di Rumah Instagram/sophia_latjuba88

Bagi sebagian orang, work from home yang mereka lakukan bukan berarti membuat pekerjaan mereka menjadi lebih sedikit dan mudah untuk dilakukan. Meski teknologi sudah sangat canggih, namun proses komunikasi yang dilakukan tetap berjalan lebih lambat ketimbang bertatap muka. Jadi tak heran jika ada sebagian orang yang malah memiliki waktu yang lebih sedikit untuk dirinya sendiri saat melakukan work from home.
 
Di saat momen Lebaran nanti, kamu yang mengalami hal yang sama bisa menghibur dan memanjakan diri dengan menonton film recommended dari berbagai sumber. Meski terlihat sederhana, tapi efeknya sangat baik untuk meningkatkan mood dan membuat pikiran lebih positif.
Meski ini menjadi momen pertama kamu dalam merayakan lebaran tanpa ada keramaian dan kumpul-kumpul, tapi makna lebaran tidaklah berubah. Lebaran tetap menjadi hari kemenangan bagi umat muslim sekaligus kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.
 
Baca Juga
Ini 5 Serial Rekomendasi Netflix Saat Physical Distancing
5 Selebgram yang Bisa Kamu Ikuti untuk Gaya Hidup Sehat
5 Negara dengan Jam Kerja Tersingkat di Dunia