Lifestyle

31 March 2020

Tips Agar Tidak Lembur Saat Work From Home

Jangan sampai karena WFH jadi sering lembur!
Tips Agar Tidak Lembur Saat Work From Home Tips Agar Tidak Lembur Saat Work From Home Pexels/Burst
Sejak pandemi Covid-19 semakin mengkhawatirkan di Indonesia, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk bekerja di rumah atau work from home. Sekilas, kebijakan untuk bekerja dari rumah terlihat mudah, tapi kenyatannya tidaklah demikian. Tak hanya butuh akuntabilitas yang tinggi, tapi juga rasa percaya antar sesama tim. 
 
Puti Karina Puar atau yang akrab disapa Puty, seorang ilustrator untuk beberapa film terkenal seperti Imperfect dan Dilan, mem-posting di Instagram pribadinya tentang tidak mudahnya melakukan work from home. Bahkan hingga di tahun ke-5, dia masih melakukan eksperimen agar tetap bisa produktif dan juga memisahkan antara waktu untuk bekerja dan keluarga. 
 
Menyesuaikan diri agar tetap bisa produktif selama jam work from home memang jadi tantangan sendiri. Sulitnya menghindari berbagai gangguan dan keinginan untuk bersantai pasti sangat besar saat di rumah. Akhirnya hal tersebut membuat kamu harus lembur di rumah. Agar bisa terhindari dari lembur saat work from home, beberapa hal ini perlu untuk kamu lakukan.

1. Ciptakan area kerja yang tidak hanya nyaman tapi juga buat fokus

Ciptakan area kerja yang tidak hanya nyaman tapi juga buat fokus Ciptakan area kerja yang tidak hanya nyaman tapi juga buat fokus Unsplash/Arnel Hasanovic

Anggapan bahwa spot ternyaman adalah kamar memang benar adanya, tapi yang nyaman saja belum tentu bisa buat kamu fokus untuk bekerja. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menciptakan area kerja yang tidak hanya nyaman, tapi juga bisa buat kamu.
 
Mulailah dengan memilih ruangan dengan pencahayaan yang terang dan jauh dari distraksi keluarga. Hal ini penting agar kamu tidak mudah menunda pekerjaan karena ingin ikut bergabung saat mendengar anggota kelaurga sedang berbicara.
 
Baca Juga
Ini 5 Serial Rekomendasi Netflix Saat Physical Distancing

2. Lakukan ritual seperti biasa sebelum berangkat kantor

Lakukan ritual seperti biasa sebelum berangkat kantor Lakukan ritual seperti biasa sebelum berangkat kantor Pexels/ Andrea Piacquadio

Beberapa orang pasti memiliki ritual sebelum berangkat ke kantor. Ada yang membuat atau membeli sarapan, melakukan stretching kecil, dan juga memilih outfit yang pas sesuai dengan mood. Ritual kecil sebelum brangkat kantor ini bisa kamu terapkan kembali saat ingin memulai work from home.
 
Langkah di atas dilakukan untuk membangkitkan mood bekerja. Jadi saat sudah jam bekerja tubuh dan pikiran kamu sudah siap untuk menyelesaikan semua pekerjaan hari ini. 
 
Baca Juga
Cara Mengatasi Perasaan Stres di Tengan Pandemi Covid-19

3. Siapkan benda yang kamu butuhkan untuk bekerja

Siapkan benda yang kamu butuhkan untuk bekerja Siapkan benda yang kamu butuhkan untuk bekerja Unsplash/Lukas Blazek

Selama bekerja biasanya akan ada barang-barang yang selalu setia menemani. Mulai dari headset, botol minum, camilan, mainan, aromaterapi, tanaman, hingga kaca. Semua barang keperluanmu untuk bekerja pastikan berada di atas meja atau diletakkan dekat dengan tempat duduk agar kamu mudah meraihnya. 
 
Jika kamu tipe orang yang tak bisa bekerja tanpa mendengarkan musik, itu hal yang wajar. Menurut penelitain dari Cornell University, mendengarkan musik saat bekerja tidak hanya mempu mengatasi rasa bosan, tapi juga meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. 
 
Bagi kamu yang sangat menyukai aromaterapi, kamu bisa gunakan saat sedang work from home. Aroma dari minyak esensial akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin, yang berfungsi untuk memperbaiki suasan hati. 

4. Rehat saat kehilangan fokus

Rehat saat kehilangan fokus Rehat saat kehilangan fokus Pexels/Andrea Piacquadio

Kendala lainnya yang sering dihadapi dan menjadi alasan besar kenapa sering lembur saat work from home adalah sulitnya membuat pikiran fokus. Dalam riset yang dikutip oleh Inc., Gloria Mark, seorang profesor ilmu komputer di Universitas of California mengatakan, seorang pekerja hanya bisa fokus selama 40 detik ketika bekerja di depan layar komputer. 
 
Mudah terdistraksi saat bekerja apalagi bekerja di rumah memang jadi hal yang sering dirasakan banyak orang. Butuh komitmen dan rasa disiplin agar bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.  Agar melatih fokus selama work from home, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menerapkan teknik pomodoro.
 
Teknik ini diterapkan dengan membagi waktu kerja selama 25 menit untuk fokus menyelesaikan tugas dan beristirahat selama 5 menit setelahnya. Lakukannya kegiatan ini selama 4 kali dan istirahat panjang selama 15 sampai 30 menit sebelum memulai pekerjaan lagi. 
 
Di sela-sela waktu istirahat, kamu bisa melakukan stretching kecil untuk melakukan peregangan, membuat camilan sehat, membaca berita, atau tidur singkat untuk me-refresh otak kembali agar bisa semangat memulai pekerjaan lagi.

5. Disipling dengan aturan kerja yang dibuat

Disipling dengan aturan kerja yang dibuat Disipling dengan aturan kerja yang dibuat Pexels/Energepic.com

Tetap disiplin saat tidak ada atasan perlu kamu diterapkan saat bekerja di rumah. Sikap disiplin ini yang akan buat kamu terhindari dari lembur akibat pekerjaan yang belum selesai. Selama work from home, kamu perlu untuk membuat peraturan jam kapan waktunya mulai bekerja dan selesai. 
 
Jika biasanya kantor kamu menerapkan aturan masuk jam 9 pagi dan pulang kantor jam 5 sore, kamu bisa menjadikannya acuan untuk menerapkan jam kerja saat work from home. Pastikan kamu memanfaatkan waktu tersebut semaksimal mungkin agar terhindari dari lembur. 
 
Selama work from home pastikan tubuh kamu mengonsumsi multivitamin dan makanan yang bergizi agar data tahan tubuh tetap terjaga. Hal penting lainnya, sebisa mungkin untuk tetap di rumah untuk menekan penyebaran Covid-19. 
 
Baca Juga
Pentingnya Social Distancing untuk Cegah Covid-19
Kaya Vitamin C, 5 Makanan Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh
Pasien Terjangkit Covid-19 Tidak Selalu Merasa Sakit di Awal