Lifestyle

8 January 2020

Teknik Pomodoro Bantu Kerja Lebih Fokus & Produktif

Tetap bisa fokus meski banyak pekerjaan, bisa...
Teknik Pomodoro Bantu Kerja Lebih Fokus & Produktif Teknik Pomodoro Bantu Kerja Lebih Fokus & Produktif Pexels/Fauxels
Sebagai seorang pekerja kamu pasti pernah merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan timeline yang dibuat. Waktu kerja di Indonesia yang biasanya menghabiskan durasi selama 8 jam seakan tidak pernah cukup hingga akhirnya banyak dari kamu yang membawa pekerjaan ke rumah. 
 
Di negara maju seperti Eropa, banyak dari negaranya yang menerapkan jam kerja yang lebih singkat. Bayangkan, Jerman menjadi salah satu negara maju di Eropa dengan jam kerja selama 35 jam dalam satu minggu. Itu artinya dalam satu hari, penduduk Jerman hanya bekerja selama 5 jam dalam satu hari.
 
Bahkan dalam banyak penelitian, jam kerja lebih sedikit nyatanya buat karyawan lebih produktif. Jika jam kerja selama 8 jam kamu merasa kurang, mungkin cara kerja kamu yang perlu untuk dibenahi. Salah satu teknik yang bisa kamu gunakan untuk bisa tetap fokus dan produktif dengan menerapkan teknik pmodoro. 
 
Pomodoro adalah teknik yang diciptakan oleh seorang mahasiswa asal Italia bernama Francesco Cirillo, saat dia merasa kesulitan untuk membagi waktu belajar. Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang artinya tomat. Nama ini diambil karena Francesco menggunakan timer pengingat berbentuk tomat untuk membagi interval waktu belajar dengan istirahat. 

Tata Cara Menerapkan Teknik Pomodoro

Tata Cara Menerapkan Teknik Pomodoro Tata Cara Menerapkan Teknik Pomodoro Pexels/JESHOOTS.com

Teknik pomodoro bisa kamu terapkan dengan mudah agar bisa mendapatkan cara kerja yang lebih fokus dan produktif. Sebagai awalan, kamu wajib untuk menyiapkan handphone atau jam yang berfungsi sebagai timer.

1. Pilihlah pekerjaan berdasarkan skala prioritas

Pilihlah pekerjaan berdasarkan skala prioritas Pilihlah pekerjaan berdasarkan skala prioritas Unsplash/Hannah Olinger

Membagi waktu berdasarkan skala prioritas akan sangat membantu kamu untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan. Hal yang paling penting adalah jangan terlalu merasa panik dan overthingking, karena kamu takut tidak bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada.
 
Saat kamu bisa mengontrol perasaan untuk tetap fokus dan tenang, kamu akan lebih mudah untuk lebih produktif. Sehingga waktu kerja 8 jam bukanlah hal yang masalah untuk bisa menyelesaikannya tanpa perlu bekerja di rumah.

2. Atur timer kerja selama 25 menit

Atur timer kerja selama 25 menit Atur timer kerja selama 25 menit Unsplash/Freestocks.org

Teknik pomodoro hanya membutuhkan device yang bisa digunakan sebagai alat timer. Kamu bisa menggunakan ponsel atau jam tangan sebagai pengingat waktu. Aturlah waktu selama 25 menit untuk fokus bekerja.
 
Baca Juga
5 Alasan Multitasking Tidak Akan Buat Kamu Produktif

3. Komitmen pada diri sendiri untuk fokus bekerja

Komitmen pada diri sendiri untuk fokus bekerja Komitmen pada diri sendiri untuk fokus bekerja Pexels/Burst

Keberhasilan dalam menerapkan teknik pomodoro berasal dari besarnya komitmen yang kamu miliki. Komitmen untuk tetap fokus dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak melakukan hal lain selain bekerja selama 25 menit ke depan.

4. Saat timer berbunyi berhentilah bekerja & istirahat selama 5 menit

Saat timer berbunyi berhentilah bekerja & istirahat selama 5 menit Saat timer berbunyi berhentilah bekerja & istirahat selama 5 menit Pexels/Burst

Setelah melewati waktu 25 menit kamu bisa berhenti untuk bekerja dan beristirahat selama 5 menit. Pada saat ini kamu harus disiplin terhadap diri sendiri untuk tidak menambah durasi waktu istirahat. Kamu bisa meminum kopi, mengecek notifikasi ponsel, atau melakukan peregangan.

5. Terapkan aturan waktu 25 menit bekerja sebanyak 4 kali

Terapkan aturan waktu 25 menit bekerja sebanyak 4 kali Terapkan aturan waktu 25 menit bekerja sebanyak 4 kali Unsplash/Georgia de Lotz

Terapkan pembagian waktu bekerja selama 25 menit dan berhenti selama 5 menit sebanyak 4 kali. Setelah 4 kali dan ternyata pekerjaanmu belum selesai, kamu bisa melajutkan untuk tetap fokus bekerja selama 25 menit namun dengan waktu istirahat yang lebih lama, yaitu sekitar 15 hingga 30 menit. 
 
Teknik pomodoro yang dilakukan dengan konsisten setiap hari akan memberikan dampak yang luar biasanya untuk meningkatkan tingkat fokus dan produktif kamu dalam bekerja.

Manfaat Menerapkan Teknik Pomodoro

1. Melatih untuk tidak mudah terganggu saat bekerja
2. Menantang diri untuk bisa komitmen dengan hal yang dipilih
3. Terbiasa agar tidak mudah panik dalam menyelesaikan pekerjaan
4. Membuat kamu tidak melakukan multitasking
5. Meningkatkan motivasi untuk bisa bekerja lebih baik lagi
 
Melatih untuk konsisten menerapkan teknik pomodoro dalam bekerja akan melatih kamu agar bisa fokus dan produktif dalam setiap kesempatan. Jadi tidak ada masalah dengan waktu bekerja, karena kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan tentunya dengan perasaan yang lebih tenang.
 
Baca Juga
Jam Kerja Lebih Sedikit Nyatanya Buat Pekerja Lebih Produktif
5 Provider Video Streaming Service untuk Menonton TV dan Film
Budaya Mendengar Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan di Kantor