Tech & Social Media

16 January 2019

Suka Pantengin Like di Instagram? Yuk, Alihkan Dengan Hal Positif Ini

Mending ngelakuin hal positif daripada pantengin IG!
Suka Pantengin Like di Instagram? Yuk, Alihkan Dengan Hal Positif Ini Suka Pantengin Like di Instagram? Yuk, Alihkan Dengan Hal Positif Ini Unsplash/Erik Lucatero
Kalau ditanya berapa kali kamu buka Instagram dalam satu hari pasti jawabannya bermacam-macam nih, tapi bisa dipastikan frekuensi yang dilakukan lebih dari satu kali. Instagram memang menjadi wadah yang paling popular untuk menyebarkan berbagai konten menarik, bahkan istilah selebgram muncul dari media sosial ini nih. 
 
Euforia Instagram memang begitu menggoda untuk membuat kamu ikut-ikutan posting. Bahkan nggak jarang kamu memikirkan bagaimana cara membuat feed yang bagus agar menarik banyak like dan komen. Setelah di posting, hal yang paling sering kamu lakukan adalah mengecek siapa saja yang memberikan love di posting-an kamu, nggak jarang frekuensi kamu buat ngecek terbilang seringkan, entah lagi ngumpul bareng teman atau keluarga pasti tangan kamu gatel buat ngecek. Padahal banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan selain pantengin like di Instagram.

1. Menjalin pertemanan di dunia nyata

Menjalin pertemanan di dunia nyata Menjalin pertemanan di dunia nyata Unsplash/Court Prather

Karena lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya dan memikirkan cara membuat feed yang bagus agar menarik banyak followers, nggak jarang waktu kamu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar semakin berkurang, bahkan saking nyamannya bercengkrama dengan Instagram kadang membuat kamu terlarut dan lupa waktu. 
 
Padahal menjalin interaksi dan hubungan pertemanan di dunia nyata memiliki fungsi yang lebih baik bagi perkembangan emosional kamu, lho. Meski banyak followers, nyatanya hubungan yang terjalin di dunia maya tetap membuat kamu merasa kesepian. Sehingga daripada pantengin like dan komen di Instagram mending kumpul bareng teman-teman.

2. Mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan

Mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan Mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan unsplash/Alina Kovalchuk

Daripada pantengin like di Instagram, selagi masih muda cobalah melakukan hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Misalnya belajar bahasa asing, bisa bermain gitar, berenang dan hal lainnya yang bermanfaat untuk pengembangan diri kamu.
 
Masa muda adalah waktu yang paling tepat untuk mencoba mengeksplor lebih banyak lagi hal-hal baru yang bisa kamu lakukan. Siapa tau dengan cara seperti ini kamu jadi lebih memahami dirimu atau menemukan bakat yang selama ini terpendam.

3. Mengevaluasi hasil kerja yang telah kamu lakukan

Mengevaluasi hasil kerja yang telah kamu lakukan Mengevaluasi hasil kerja yang telah kamu lakukan Unsplash/Neonbrand

Kadang realita nggak sesuai ekspektasi itu sering terjadi, untuk itu daripada menghabiskan waktu buat pantengin like dari orang-orang, mending kamu gunakan untuk melakukan evaluasi hasil kerja hari ini. Meski hanya meluangkan waktu sebentar untuk mengevaluasinya, tapi dampak yang kamu rasakan akan sangat besar di kemudian harinya.

4. Menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar

Menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar Menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar Unsplash/BielMorra

Sikap lebih fokus dengan dunia maya kadang buat kamu jadi kurang peka dengan lingkungan sekitar. Ini terjadi karena kamu menganggap aktivitas di dunia maya lebih penting daripada hubungan di dunia nyata. 
 
Hal menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan jika nggak pantengin terus like di Instagram adalah menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar. Menjadi lebih peka dan peduli mampu membuat kamu lebih bersyukur dalam menjalani hidup ini.

5. Belajar untuk menghargai waktu

Kemampuan untuk mengatur waktu Kemampuan untuk mengatur waktu Unsplash/Gian Prosdocimo

Sering kamu lupa bahwa waktu itu nggak akan bisa diputar kembali, sehingga kesadaran tentang menghargai waktu penting untuk diterapkan. Salah satu cara nyata menghargai waktu adalah dengan nggak  pantengin terus like dari posting-an kamu. Walau dirasa waktu yang dihabiskan sedikit, nyatanya waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan positif lainnya.
 
Sebenarnya bukan berarti kamu nggak boleh posting kegiatan yang udah kamu lakukan di Instagram, tapi perlu kamu ingat kegiatan posting tersebut semata untuk sharing hal positif ke orang lain bukan menunggu dapat banyak like dan komen yah. 
 
Jadi kalau setelah posting kamu terlalu sering pantengin like di Instagram, kamu bisa coba alihkan kebiasan tersebut dengan 5 hal menarik dan positif di atas.