Business Tips

18 February 2019

Skill yang Wajib Dimiliki Entrepreneur Muda

Skill ini wajib ada di diri kamu ya!
112 Views
Skill yang Wajib Dimiliki Entrepreneur Muda Skill yang Wajib Dimiliki Entrepreneur Muda Unsplash/Banter Snaps
Menjadi entrepreneur di usia muda termasuk pencapaian yang luar biasa yang tidak semua orang bisa mencapainya. Butuh kerja keras dan semangat mau belajar yang lebih tinggi untuk berada di posisi tersebut.
 
Semangat menggelora yang sering dimiliki entrepreneur muda belumlah cukup untuk menjadikan mereka sukses. Untuk itu beberapa skill berikut ini wajib dimiliki oleh kamu para entrepreneur muda agar mampu berada di posisi atas.

1. Mampu mengarahkan orang lain

Mampu mengarahkan orang lain Mampu mengarahkan orang lain Unsplash/Rawpixel

Salah satu skill yang harus dimiliki entrepreneur yaitu mampu mengarahkan orang lain. Jiwa kepemimpinan harus bisa kamu salurkan dengan baik, agar semua karyawan yang ada di kantor nyaman dan betah untuk bekerja bersamamu.
 
Mengarahkan orang lain serta mampu me-review hasil kerja mereka bukanlah tugas yang gampang, untuk itu diperlukan pengetahuan yang lebih untuk mampu menilai dan memberikan arahan yang lebih baik untuk kedepannya.

2. Memiliki rasa empati dan mau mendengarkan

Memiliki rasa empati dan mau mendengarkan Memiliki rasa empati dan mau mendengarkan Unsplash/Rawpixel

Entrepreneur yang sukses bukan hanya seseorang yang pintar melihat peluang dan menjadikannya sebuah bisnis, kenapa? Karena sehebat apapun kamu, tapi tidak memiliki tim yang kuat dan solid nyatanya tak akan mampu mengantarkan kamu menjadi entrepreneur yang sukses.
 
Mampu membangun tim yang kuat bisa dimulai dengan memberikan treatment yang baik kepada karyawan. Jadilah seorang entrepreneur yang mau mendengarkan dan memiliki rasa empati yang tinggi terhadap karyawan. 
 
Meski terdengar mudah, nyatanya meluangkan waktu di tengah banyaknya meeting dan pitching untuk mengurus masalah internal di kantor tetaplah menguras tenaga dan pikiran. Tapi sebagai entrepreneur yang baik, kamu tetap harus selalu ada untuk mendengar aspirasi semua karyawan yang bekerja bersamamu.

3. Mampu memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah

Mampu memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah Mampu memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah Unsplash/Nik Macmillan

Mampu memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah menjadi skill selanjutnya yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Menghadirkan solusi di tengah banyaknya kekacauan membutuhkan analisis dan strategi yang tepat. Salah sedikit akan sangat berdampak bagi kelangsungan bisnisnya, untuk itu entrepreneur harus mampu berpikir tenang dan memberikan solusi yang tepat terhadap masalah yang sedang terjadi.

4. Menghargai diri sendiri dan orang lain

Menghargai diri sendiri dan orang lain Menghargai diri sendiri dan orang lain Unsplash/Marius Ciocirlan

Menghargai diri sendiri bisa dimulai dari seberapa percaya kamu terhadap kemampuan diri sendiri. Kepercayaan diri yang tinggi mampu membuat kamu lebih pede saat berhubungan dengan klien atau investor. 
 
Memahami kemampuan diri sendiri dengan baik akan memberikan keuntungan yang banyak bagi bisnis yang kamu jalankan, karena rasa percaya diri kamu mampu meyakinkan para investor dan klien untuk menjalin kerjasama.
 
Selain menghargai diri dengan cara percaya pada kemampuan diri sendiri, kamu juga harus memiliki sikap menghargai orang lain. Penting kamu ingat, bahwa kamu tidak akan mungkin bisa bekerja sendiri, kamu tetap membutuhkan bantuan orang lain.
 
Entrepreneur yang sukses bukan hanya mereka yang mampu menghasilkan banyak keuntungan dalam segi materi, tapi juga turut mampu membuat kehidupan orang lain lebih baik lagi.

5. Gigih dan tahan banting

Gigih dan tahan banting Gigih dan tahan banting unsplash/Krystian Krzewinski

Semangat yang menggebu-gebu saat baru memulai usaha pasti sering banget terjadi, tapi untuk tetap memupuk semangat tersebut hingga akhir bukanlah hal yang gampang. 
 
Banyak yang bilang bahwa mempertahankan jauh lebih sulit daripada memulainya, kenapa? Karena kamu akan menemukan banyak rintangan dan hambatan yang terus datang silih berganti.
 
Sifat gigih dan tahan banting akan sangat membantu kamu untuk terus mampu bertahan serta percaya pada diri sendiri bahwa kamu mampu. Selain kelima skill di atas yang harus dimiliki seorang entrepreneur, kamu juga jangan lupa bahwa banyak orang yang bergantung dan menaruh harapan besar kepada dirimu. Untuk itu tetaplah semangat dan berjuang untuk terus berkembang dan belajar. 
 
Buat kamu pemilik coffee shop atau jenis usaha lainnya yang ingin memaksimalkan fasilitas internet untuk mengenal pengunjngmu layaknya seorang teman, WiFi Platform seperti HIGOspot mampu menjadi solusinya.
 
Selain itu, bagi para advertiser yang sedang mencari spot iklan yang cocok sesuai dengan terget market yang spesifik, HIGOspot juga mampu memberikan rekomendasi tempat yang pas lewat data analitik.