Lifestyle

22 April 2019

Sebentar Lagi Puasa, Ini Tips Agar Tetap Semangat Beraktivitas

Puasa bukan alasan buat jadi males-malesan!
Sebentar Lagi Puasa, Ini Tips Agar Tetap Semangat Beraktivitas Sebentar Lagi Puasa, Ini Tips Agar Tetap Semangat Beraktivitas Deddy Yoga Pratama/Unsplash
Dalam hitungan hari lagi, umat muslim Indonesia akan menyambut bulan suci Ramadan untuk menunaikan ibadah puasa. Seperti yang diketahui, menjalankan ibadah puasa berarti kamu tidak melakukan aktivitas makan dan minum hingga adzan magrib berkumandang.
 
Bagi yang memiliki kesibukan setiap harinya, entah itu belajar atau bekerja jangan sampai karena alasan puasa kamu jadi tidak semangat beraktivitas. Untuk itu agar tubuh tetap fit dan semangat beraktivitas meski sedang berpuasa, beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan.

1. Jaga pola tidur agar teratur

Jaga pola tidur agar teratur Jaga pola tidur agar teratur Gregory Pappas/Unsplash

Tidur merupakan cara paling efektif untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Idealnya waktu tidur yang dianjurkan sebanyak 8 jam, sehingga saat memasuki bulan Ramadan, sebisa mungkin kamu yang sering begadang mulai meninggalkan rutinitas ini. 
 
Selain baik untuk kesehatan tubuh, dikutip dari Hallosehat bahwa, tidur teratur membuat kamu mudah mengendalikan nafsu makan. Jadi kamu tidak mudah merasa lapar saat berpuasa meski beraktivitas seperti biasa.

2. Cobalah buat skala prioritas

Cobalah buat skala prioritas Cobalah buat skala prioritas Stil/Unsplash

Agar puasa kamu tetap lancar meski memiliki segudang aktivitas, cobalah mulai untuk membuat skala prioritas. Menerapkan skala prioritas akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan semua tugas yang ada agar lebih tersusun. 
 
Kamu sadar bahwa energi yang kamu miliki lebih sedikit, sehingga menerapkan cara dengan membuat skala prioritas akan jauh membantu kamu dalam menyelesaikan tugas.

3. Jangan pernah lewatkan sahur

Jangan pernah lewatkan sahur Jangan pernah lewatkan sahur Rajesh TP/Unsplash

Sebisa mungkin jangan pernah melewatkan sahur ya. Meski kamu merasa malas sekali untuk membuka mata dan makan di tengah malam, melakukan sahur sangat penting untuk asupan energi bagi tubuh kamu. 
 
Selama kurang lebih 13 jam, tubuh kamu tidak menerima asupan energi apapun dari makanan dan minuman, sehingga melakukan sahur menjadi hal wajib untuk dilakukan agar bisa beraktivitas dengan lancar.

4. Penuhi asupan vitamin saat sahur dan berbuka

Penuhi asupan vitamin saat sahur dan berbuka Penuhi asupan vitamin saat sahur dan berbuka Lisa Fotios/Pexels

Berbuka dengan yang manis-manis memang dianjurkan, tapi jangan lupa untuk memikirkan kandungan vitamin dan gizinya. Meski aneka gorengan sangat enak, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya, karena kandungan minyak jenuh dari gorengan tidak baik untuk kesehatan tubuh. 
 
Banyak mengonsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan sangat baik untuk mengembalikan asupan energi yang hilang selama berpuasa. Kamu bisa mulai berkreasi dengan membuat smoothies atau salad buah.

5. Berikan jeda di setiap aktivitas

Berikan jeda di setiap aktivitas Berikan jeda di setiap aktivitas Muhammad Haikal Sjukri/Unsplash

Agar kamu bisa menyelesaikan semua kegiatan kamu dengan lancar, berilah jeda di setiap aktivitas yang kamu lakukan. Ini dilakukan agar kamu tidak mudah lelah dan merasa pusing saat melakukan aktivitas yang sulit.
 
Lancar beraktivitas meski sedang menjalankan ibadah puasa ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selain itu kamu perlu ingat, bahwa puasa bukan halangan untuk kamu menjalankan berbagai aktivitas. 
 
Nah, buat kamu yang sudah mulai mencari referensi tempat buka puasa bersama yang cozy, beberapa merchant dari HIGOspot bisa coba kamu kunjungi. Buat kamu pemiliki cafe, resto atau jenis usaha lainnya yang memiliki fasilitas internet, kamu bisa maksimalkan fungsinya untuk mengenal pengunjungmu layaknya seorang teman, membuat survei menarik, hingga merencanakan strategi pemasaran lewat data analitik.
 
Bagi kamu para advertisers yang ingin traffic iklan atau campaign-nya tinggi, menggunakan WiFi advertising bisa menjadi cara baru untuk dilakukan. Selain memastikan iklan dilihat oleh manusia bukan bot, audiens yang tersegmen, hingga laporan iklan yang jelas.