Lifestyle

18 March 2020

Pentingnya Social Distancing untuk Cegah Covid-19

Yuk, kita sama-sama menerapkan social distancing!
Pentingnya Social Distancing untuk Cegah Covid-19 Pentingnya Social Distancing untuk Cegah Covid-19 Pexels/Bongkarn Thanyakij
Penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia semakin meluas, dengan total pasien positif corona berjumlah 172 orang pada 18 Maret 2020. Melihat masifnya berkembangan pasien yang positif virus corona di Indonesia, Presiden Jokowi akhirnya menghimbau seluruh masyarakatnya untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah melalui konferensi pers yang dilakukan di Istana Bogor. 
 
Himbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau social distancing menjadi langkah yang diambil pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Lalu, apa sebenarnya manfaat dari social distancing?
 
Berbeda dengan isolasi atau karantina, social distancing adalah tindakan yang diambil untuk mengurangi kegiatan yang melibatkan interaksi dengan banyak orang di tempat keramaian, tujuannya untuk meminimalisir penyebaran Covid-29. Tak hanya menghindari keramaian, kamu juga perlu untuk melakukan jaga jarak sekitar 1 atau 2 meter. 
 

Siapa saja yang rawan terjangkit virus corona?

Siapa saja yang rawan terjangkit virus corona? Siapa saja yang rawan terjangkit virus corona? higo.id

Menerapkan social distancing sangat penting bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitar kita. Mengutip dari BBC, rata-rata pasien yang terjangkit virus corona adalah mereka yang memiliki rentan usia antara 49 hingga 56 tahun.
 
Menurut Sugiyono Saputro, seorang ahli mikrobiologi di LIPI menjelaskan, para lansia memiliki kekebalan tubuh yang menurun ditambah dengan riwayat penyakit bawaan, seperti diabetes, jantung, hingga kardiovaskural, sehingga mereka rentan terkena virus corona. 
 
Eijkman Amin Soebandrio, kepala lembaga biologi molekuler menambahkan, orang yang terjangkit virus corona bukan hanya karena mereka yang memiliki usia lanjut, melainkan faktor kekebalan tubuh seseorang. Sehingga menjaga daya tahan tubuh dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C begitu penting. 
 
Baca Juga
Ilustrasi Menarik Bagaimana Virus Corona Menyebar & Pencegahannya

Hal yang bisa dilakukan selama social distancing

Hal yang bisa dilakukan selama social distancing Hal yang bisa dilakukan selama social distancing Pexels.com

Social distancing bukan berarti kamu tidak bisa melakukan kegiatan apa pun, tapi kamu tetap bisa melakukan banyak dan tetap produktif meski berada di dalam rumah. Berikut hal menarik yang bisa kamu lakukan selama social distancing.
 
1. Jika di situasi mendesak, kamu bisa melakukan converention call dengan anggota tim
2. Memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan, karena tidak terganggu dengan orang lain
3. Melakukan workout agar tubuh tetap bugar
4. Bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat
5. Memperbaiki pola tidur bagi kamu yang sering begadang
 
Social distancing begitu penting untuk diterapkan sebagai bentuk tanggung jawab kita bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga keselamatan orang lain. Yuk, berikan edukasi tentang social distancing ke lingkungan sekitar.