Lifestyle

19 March 2020

Pasien Terjangkit Covid-19 Tidak Selalu Merasa Sakit di Awal

Yuk, mulai jaga kesehatan diri sendiri!
167 Views
Pasien Terjangkit Covid-19 Tidak Selalu Merasa Sakit di Awal Pasien Terjangkit Covid-19 Tidak Selalu Merasa Sakit di Awal Pexels.com
Indonesia menjadi negara yang masuk ke dalam 141 negara lainnya yang terkena pandemi Covid-19. Melihat penyebaran Covid-19 yang semakin merebak, pemerintah akhirnya mengeluarkan himbauan untuk melakukan social distancing dan ikut diaminkan oleh beberapa masyarakat dengan eksisnya hashtag #dirumahaja lewat media sosial.
 
Melihat jumlah kematian yang terus bertambah di dunia akhirnya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menghimbau, untuk memutus rantai transmisi penyebaran dengan melakukan pengetesan dan isolasi mandiri. 
 
Hingga hari ini, pemerintah belum mengeluarkan himbauan untuk melakukan pengetesan secara massal. Padahal jika berkaca dari negara lain seperti Korea Selatan, mereka bisa meminimalisir angka kematian menjadi 1% persen pada 19 Maret 2020 melalui data yang diambil dari Gisan Data Maps melalui tes masal yang dilakukan.
 
Di Indonesia, ada beberapa kasus mereka yang positif Covid-19 merasa tidak mengalami gejala sakit seperti pasien Covid-19 lainnya. Pernyataan dari Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jawa Barat memaparkan lewat teleconference dalam sesi wawancara di Mata Najwa, dari 200 orang yang dites massal ada 2 orang positif Covid-19, tapi terlihat sehat dan tidak merasakan gejala apa pun. 
 
Ridwan Kamil juga menambahkan, bahwa yang paling rawan adalah mereka yang terlihat sehat tapi sebenarnya positif Covid-19, karena bisa menularkan ke beberapa orang yang ditemui selama melakukan aktivitas. 

Hal yang perlu kita pahami untuk cegah Covid-19

Melawan Covid-19 bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Kita sebagai warga negara Indonesia juga harus memahami dan sadar, bahwa pandemi Covid-19 begitu mengkhawatirkan. Pentingnya kesadaran diri sendiri untuk bisa terhindari dari Covid-19 begitu penting, untuk itu beberapa hal ini perlu kamu pahami agar bisa mencegah Covid-19.

1. Melakukan social distancing

Melakukan social distancing Melakukan social distancing Unsplash/Mimi Thian

Social distancing atau mengurangi interaksi dengan banyak orang di tempat keramaian harus dilakukan. Social distancing penting untuk dilakukan untuk menekan penyebaran jumlah orang yang terjangkit Covid-19. 
 
Social distancing penting untuk diterapkan bukan hanya untuk menyelamatkan diri sendiri, tapi mereka yang rawan terinfeksi Covid-19 seperti lansia, pengidap diabetes, penyakit jantung, pasien kardiovaskular, hingga mereka yang memiliki sistem imun rendah.
 
Jika di kantor kamu belum mengeluarkan kebijkan untuk work from home, pastikan kamu selalu jaga jarak dengan teman sekantor. Jarak aman untuk berkomunikasi setidaknya 1 meter. 

2. Bersihkan perlatan yang sering digunakan dengan disinfektan

Bersihkan perlatan yang sering digunakan dengan disinfektan Bersihkan perlatan yang sering digunakan dengan disinfektan Unsplash/The Honest Company

Setiap hari ada banyak benda yang kita pegang, mulai dari handphone, laptop, dan lainnya. Benda-benda tersebut tidak ada yang bisa jamin kebersihannya dari virus corona, sehingga dengan melakukan disinfektan penting untuk dilakukan.
 
Cairan disinfektan ini akan membersihkan bakteri, kuman, hingga virus yang menempel di benda tersebut. Perlu kamu tahu virus corona mampu bertahan di benda selama beberapa jam hingga hitungan hari.
 

3. Gunakan siku untuk menutup atau menekan tombol

Gunakan siku untuk menutup atau menekan tombol Gunakan siku untuk menutup atau menekan tombol Unsplash/Arisa Chattasa

Kebersihan tangan sangat penting untuk dijaga dan langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan tidak sembarangan menyentuh benda, apalagi di tempat umum.
 
Sebagai pengganti telapak tangan, kamu bisa gunakan siku untuk menutup atau menekan tombol. Misalnya saat berada di dalam lift kamu bisa menggunakan siku untuk menekan tombol, atau untuk menutup westafel di toilet umum.

4. Segera ke rumah sakit jika kondisi tubuh menurun

Segera ke rumah sakit jika merasa sakit Segera ke rumah sakit jika merasa sakit Pexels.com

Jika merasa kondisi tubuh kurang fit, segera gunakan masker saat keluar rumah, minum vitamin, dan kurangi beraktivitas di luar rumah. Saat merasa kondisi tubuh semakin drop, segera pergi ke rumah sakit untuk meminta penangan lebih lanjut. 
 
Hal penting yang perlu kamu lakukan di saat kondisi seperti ini adalah jangan panik dan pastikan tubuh kamu sehat dengan rutin mengonsumi makanan yang bergizi, multivitamin, dan olahraga ringan dari rumah.