Business Tips

14 October 2019

Mengenal Pentingnya Funnel Marketing Bagi Perkembangan Bisnis

Kenalan dengan funnel marketing bagi bisnis
Mengenal Pentingnya Funnel Marketing Bagi Perkembangan Bisnis Mengenal Pentingnya Funnel Marketing Bagi Perkembangan Bisnis Unsplash/Austin Distel
Perkembangan teknologi yang semakin pesat secara psikologis mampu memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli atau menggunakan sebuah barang.
Jika dahulu keputusan membeli hanya berasal dari diri sendiri, sekarang berbagai pendapat dari banyak orang menjadi salah satu faktor penentunya.
 
Sebagai seorang marketer atau pelaku bisnis, tentu memiliki tantangan sendiri dalam menarik audiens menjadi konsumen. Untuk itu pemahaman akan funnel marketing menjadi begitu penting. Funnel artinya seseorang melakukan berbagai tahapan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan atau membeli sebuah barang & jasa. Ada beberapa tahapan dalam melakukan funnel marketing di antaranya.

1. Awareness

Awareness Awareness Unsplash/Le Buzz

Membangun kesadaran audiens akan produk yang kamu tawarkan menjadi tahap pertama dalam funnel marketing. Kesadaran atau awareness dapat terlihat dari kunjungan audiens di website atau media sosial yang kamu miliki.
 
Pada tahap ini pastikan website yang kamu miliki user friendly dengan suguhan artikel yang memberikan edukasi. Keberadaan wesbite begitu penting bahkan diibaratkan sebagai rumah. Bukan hanya website, akun media sosial juga penting adanya bagi sebuah bisnis.

2. Discovery

Discovery Discovery Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Tahap kedua dari funnel marketing adalah discovery. Pengunjung yang datang ke website tentu tertarik dengan sebuah produk atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga secara otomatis mereka akan melakukan penelusuran produk atau jasa secara lebih spesifik.
 
Pada tahap ini, pastikan kamu memberikan konten yang menarik serta mengedukasi untuk menambah keyakinan mereka, agar berlanjut ke tahap selanjutnya.
 
Baca juga
5 Jenis Iklan Online yang Bisa Dicoba Untuk Usaha Baru

3. Evaluation

Evaluation Evaluation Unsplash/John Schnobrich

Setelah melewati tahap penelusuran, tahap selanjutnya adalah evaluation. Sebelum akhirnya memutuskan untuk memasukkan produk ke dalam keranjang belanja, pengunjung akan melakukan tahap evaluasi.
 
Tahap evaluasi ini menjadi tahap yang riskan, karena banyak pengunjung website yang berakhir di tahap ini dan meninggalkan barang mereka di dalam keranjang belanja tanpa berlanjut ke tahap selanjutnya.

4. Intent

Intent Intent Unsplash/Brooke Lark

Intents atau peminatan menjadi tahap selanjutnya dari funnel marketing. Setelah mengetahui apa yang mereka cari di website kamu, sentuh mereka dengan sajian konten yang mereka butuhkan lewat email experience.
 
Newslatter yang berisi diskon, hingga testimoni menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian dan menambah keyakinan bagi pengunjung baru dalam membuat keputusan.

5. Purchase

Lukislah dengan fitur brush Lukislah dengan fitur brush Youtube/RJ Kaur

Pada tahap ini pelanggan telah yakin untuk melakukan pembelian dengan melakukan transaksi pembayaran. Setelah pengunjungmu berubah menjadi konsumen, jangan sia-siakan mereka begitu saja.
 
Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan memberikan program loyalty customer berupa spesial diskon. Langkah ini membuat konsumen merasa senang, karena mereka benar-benar diperhatikan.
 
Lewat funnel marketing bukan tidak mungkin untuk menarik pengunjung melakukan konversi dan menjadikan mereka loyal customer. Jika kamu ingin mencoba melakukan strategi marketing dengan cara WiFi advertising, di mana iklan tersebut akan tayang di berbagai lokasi HIGOspot dan pasti dilihat oleh semua pengunjung yang akan mengakses WiFi gratis, jangan sungkan untuk menghubungi kami.
 
Baca juga
Keuntungan WiFi Gratis Untuk Bisnis Kafe Kekinian
5 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar Bagi Usaha Baru
Tren Pemasaran yang Semakin Populer di Tahun 2019