Lifestyle

14 October 2019

Mengenal Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Diri Sendiri

Ternyata ini semua faktornya!
Mengenal Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Diri Sendiri Mengenal Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Diri Sendiri Unsplash/Leyli Nova
Jika kita membahas tentang self development atau career development pasti tidak pernah lepas dari yang namanya kepribadian yang ada di dalam diri. Kepribadian memiliki peran yang sangat besar dalam meraih apa yang diimpikan selama ini.
 
Setiap orang yang hidup di bumi tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Lantas sebenarnya apa sih definisi dari yang namanya kepribadian? Secara sederhana kepribadian adalah apa yang dikatakan orang lain tentang diri kita, secara mudahnya kepribadian adalah persona kita.
 
Kepribadian seseorang tidak serta merta terbentuk begitu saja. Namun ada banyak faktor yang memengaruhinya. Kira-kira apa saja faktor tersebut berikut penjelasannya untuk kamu.

Faktor Nature

Faktor Nature Faktor Nature Unsplash/Jude Back

Tak jarang kita sering merasa mirip dengan ayah atau ibu kita dari segi fisik, misalnya bentuk tubuh, warna kulit, hingga bentuk rambut. Ternyata bukan hanya dari segi fisik lho kita bisa mirip dengan kedua orang tua kita, tapi juga dari sisi sifat.
 
Faktor pertama yang memengaruhi kepribadian seseorang adalah faktor nature. Nature di sini artinya kepribadian bawaan dari lahir atau layaknya seperti sifat keturunan yang bisa disebut sebagai genetik.
 
Sifat ekstrovert, introvert, atau ambivert masuk ke dalam faktor nature. Meski menurut beberapa penelitian pengaruh dari faktor nature hanya 30% dalam membentuk kepribadian seseorang, namun faktor ini juga sangat penting dan sulit untuk dirubah.
 
Faktor nature ini yang sangat dipegang banyak orang tua dalam memilih pasangan untuk anak mereka, hingga muncul ungkapan bahwa memilih pendamping harus melihat dari bibit, bebet, dan bobotnya.
 
Ungkapan di atas nyatanya bukan tanpa alasan, karena setiap anak akan memiliki sifat keturunan yang pada akhirnya membentuk menjadi kepribadian dari orang tua kandung mereka.
 
Baca Juga
Gangguan Kesehatan yang Sering Menyerang Milenial

Faktor Nurture

Faktor Nurture Faktor Nurture Unsplash/Ethan Johnson

Berbeda dari nature yang berarti bawaan dari genetif, faktor nurture timbul dari lingkungan eksternal seperti pola asuh orang tua, sosial, budaya, agama, dan juga pendidikan.
 
Faktor nurture memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan kepribadian hingga mencapai 70%. Pola asuh menjadi hal yang paling dasar dalam pembentukan kepribadian seseorang.
 
Bayangkan jika di rumah kamu dididik dengan cara yang kasar dan penuh dengan emosi, maka secara langsung kepribadian kamu akan mengikutinya, karena figur yang paling dekat dengan seorang anak adalah orang tua. Pola asuh yang baik dan didukung dengan lingkungan yang kondusif akan membentuk kepribadian yang baik, jujur, dan juga bertanggung jawab.
 
Meski terkesan sederhana nyatanya kedua faktor ini sangat berperan besar dalam pembentukan kepribadian kamu sekarang. Jika kamu merasa masih ada yang perlu dirubah dari kepribadian kamu belum terlambat, selama masih ada kesempatan untuk menatap indahnya mentari esok pagi. Semangat!
 
Kamu yang sedang mencari tempat yang asik untuk nongkrong dengan fasilitas WiFi gratis bisa berkunjung ke beberapa merchant HIGOspot ini.
 
Baca Juga
5 Keuntungan Kerja di Coworking Space Saat Weekend
Trik Semangat Kerja Saat Kantor Tak Lagi Nyaman
Realitas Kerja di Startup yang Buat Mental Makin Kuat