Business Tips

2 December 2019

Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran

Data driven marketing begitu penting bagi pemasaran!
Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran Mengenal Data Driven Marketing Bagi Pemasaran Unsplash/Franki Chamaki
Membuat strategi pemasaran hanya berdasarkan perasaan hasilnya akan sangat sulit meraih kesuksesan. Bahkan, jika kamu merasa membuat sesuatu berdasarkan perasaan dan akhirnya sukses di pasaran, maka dapat dipastikan itu bisa dibilang sebuah keberuntunga. Namun, apakah kamu ingin dibilang kalau kesuksesan yang kamu dapatkan berasal dari keberuntungan? Tentu jawabannya sangat tidak diinginkan.
 
Data driven marketing membuat proses pemasaran jauh lebih jelas, ketimbang mengandalkan perasaan. Data driven marketing adalah proses pemasaran yang melibatkan data sebagai acuan dalam membuat strateginya. Lewat analisis data yang tepat, akan ada banyak insight baru yang bisa dilakukan dalam membuat strategi pemasaran. 
 
Ketimbang langsung melakukan trial and error dan menerka-nerka apakah strategi ini tepat untuk dijalankan, memberikan landasan kepercayaan terhadap data yang telah dianalisa untuk proses strategi pemasaran akan lebih tepat dilakukan. Dikutip dari Survey Any Place, peran data driven marketing bahkan mampu memaksimalkan Return of Invesment (ROI). 

Keuntungan Menggunakan Data Driven Marketing

Keuntungan Menggunakan Data Driven Marketing Keuntungan Menggunakan Data Driven Marketing Unsplash/Negative Space

Manusia menjadi makhluk yang paling unik karena keberagamannya. Bahkan bagi orang kembar sekalipun, mereka tetap memiliki perbedaan dari segi hobi hingga selera. 
 
Menerapkan data driven marketing memberikan keleluasaan untuk bisa berkomunikasi sesuai dengan kriteria audiens yang sedang dihadapi. Untuk lebih jelasnya, beberapa keuntungan ini bisa didapatkan dari data driven marketing.
 
Baca Juga
Memenangkan Hati Konsumen Lewat Emotional Marketing

1. Mengetahui probabilitas audiens menjadi konsumen

Mengetahui probabilitas audiens menjadi konsumen Mengetahui probabilitas audiens menjadi konsumen Unsplash/John Schnobrich

Menyusun strategi pemasaran tanpa adanya data hanya akan menghabiskan banyak anggaran tanpa tujuan yang belum jelas terpenuhi. Data driven marketing membantu kamu mengetahui tingkatan probabilitas audiens yang akan menjadi konsumen dengan kreatif iklan yang akan diberikan. 

Probabilitas ini dapat diproyeksikan dari data kebiasaan belanja setiap audiens, sehingga terbentuklah pola belanja yang disering dilakukan oleh target audiens yang ingin dituju.

2. Ragam media yang digunakan tak lagi jadi masalah

Ragam media yang digunakan tak lagi jadi masalah Ragam media yang digunakan tak lagi jadi masalah Unsplash/NordWood Themes

Agar dapat menjalin komunikasi dengan audiens, marketers membutuhkan media yang bisa digunakan. Media iklan memang begitu banyak dan memiliki karakter masing-masing. Lewat data driven marketing, pemilihan media yang beraneka ragam tak lagi jadi hambatan. 

Lewat data yang dianalisis dengan tepat, kamu bisa menciptakan komunikasi yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan para audiens dari berbagai media, baik elektronik atau digital.

3. Menentukan budget marketing yang tepat

Menentukan budget marketing yang tepat Menentukan budget marketing yang tepat Unsplash/Pixabay

Bakar-bakar uang lagi jadi tren di kalangan perusahaan rintisan yang baru dapat suntikan dana, tapi bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan, membuat budget marketing yang tetap akan sangat membantu untuk mengenalkan produk ke pasaran. 

Lewat data driven marketing, kamu sebagai marketers akan mengenal dengan sangat baik siapa target audiens yang ingin kamu sasar dan memilih media yang paling cocok, sehingga anggaran yang dikeluarkan bisa tepat dengan kebutuhan kamu.      
Data driven marketing penting untuk diterapkan agar menciptakan pemasaran yang tepat serta memberikan dampak. Untuk memperoleh data yang valid dari audiens yang kamu tuju, ada banyak platform yang bisa kamu gunakan dengan cara melakukan survei. 

HIGO sebagai WiFi advertising platform Indonesia yang juga bisa memberikan layanan survei digital agar kamu sebagai brand mampu mengenal audiens yang kamu tuju dengan sangat baik dan menciptakan strategi pemasaran yang akurat dengan data tersebut.

Baca Juga
Game Attraction: Cara Baru Meningkatkan Brand Awareness
Startup Perlu Pilih Karyawan yang Potensial Atau Berpengalaman?
Keuntungan WiFi Marketing Untuk Bisnis F&B