Lifestyle

5 May 2020

Mengatasi Perasaan Stres yang Muncul Saat Work From Home

Yuk, kelola stres karena kita tidak tahu kapan WFH berakhir!
Mengatasi Perasaan Stres yang Muncul Saat Work From Home Mengatasi Perasaan Stres yang Muncul Saat Work From Home Pexels/Andrea Piacquadio
Brief dan meeting yang biasanya dilakukan lewat tatap muka, sekarang semuanya beralih ke digital dan mengharuskan kita untuk pintar beradaptasi agar tetap bisa bekerja dari rumah. Tanpa adanya tatap muka dengan tim, beban pekerjaan terasa lebih berat karena peluang terjadinya miscommunication semakin besar.
 
Beban pekerjaan dan deadline yang masih sama seperti saat bekerja di kantor, belum lagi jam kerja yang semakin sulit ditebak karena work from home, akhirnya memberikan tekanan pada diri sendiri yang berujung pada munculnya perasaan stres. 
 
Stres adalah reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh kita saat berada di situasi yang tertekan atau dikondisi saat harus menyesuaikan diri dengan perubahan. Stres yang tidak dikelola dengan baik bukan hanya membuat pekerjaan tidak bisa selesai, tapi juga membuat tekanan darah ikut naik.
 
Studi yang dilakukan oleh PBB pada tahun 2017 melaporkan, pekerja yang bekerja dari rumah mengalami tingkat stres yang lebih tinggi, ketimbang mereka yang bekerja di kantor. Agar bisa mengatasi perasaan stres yang sering muncul, beberapa cara ini bisa dilakukan.
 

1. Tenang dan jangan overthinking

Tenang dan jangan overthinking Tenang dan jangan overthinking Pexels/Bongkarn Thanyakij

Saat pekerjaan yang satu belum usai, tapi pekerjaan lainnya datang dengan deadline yang terkesan mepet atau revisian yang seakan tidak ada habisnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bersikap tenang dan tidak overthinking.
 
Menurut studi dari Universitas Michigan menemukan, 73 persen dari orang yang berusia antara 25 - 35 sering mengalami overthinking. Jadi tak heran jika saat bekerja di rumah, seseorang akan merasa lebih overthinking dari biasanya karena mereka tidak melihat respon yang diberikan atasan atau tim secara langsung dari hasil kerja yang dilakukan.
 
Namun perlu untuk di garis bawahi, tergesa-gesa dan overthinking hanya akan membuat kamu tidak bisa bekerja dan memicu stres. Perasaan stres tidak hanya membuat mood kamu up and down tidak karuan, tapi jika dibiarkan untuk jangka waktu yang panjang dapat mengganggu kesehatan diri dan juga mental.
 

2. Jauhi multitasking

Jauhi multitasking Jauhi multitasking Pexels/Vlada Karpovich

Jika multitasking sangat dihindari saat bekerja di kantor, hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang sekarang bekerja dari rumah. Menganggap bahwa semua pekerjaan penting dan harus diselesaikan di waktu yang bersamaan tentu tidaklah mungkin.
 
Buatlah prioritas mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan sejenak lupakan pekerjaan lain. Fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan tidak hanya membuat waktu kerja kamu lebih teratur, tapi juga bisa menikmati pekerjaan yang dilakukan. 
 
Baca Juga
5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Berpuasa

3. Luangkan waktu untuk istirahat

Luangkan waktu untuk istirahat Luangkan waktu untuk istirahat Pexels/Andrea Piacquadio

Dituntut untuk memberikan laporan tentang setiap pekerjaan yang dikerjakan membuat kinerja kamu harus lebih keras dari biasanya. Mengingat melaksanakan work from home tidaklah mudah.
 
Terlalu sibuk dengan pekerjaan membuat kita lupa untuk beristirahat dan mudah merasa lelah. Perasaan lelah yang sudah tidak terbendung lagi akan menimbulkan efek jenuh.
 
Jika perasaan jenuh sudah muncul, akan sangat sulit membangun mood agar bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Untuk mengatasinya, perlu disiplin dari diri sendiri agar meluangkan waktu beberapa menit untuk beristirahat.

4. Tetap terhubung dengan teman kantor

Tetap terhubung dengan teman kantor Tetap terhubung dengan teman kantor Pexels/Edward Jenner

Seiring berjalannya waktu tak heran jika kamu merasa kesepian saat bekerja di dalam rumah. Bahkan tak jarang banyak dari kita yang merasa terisolasi karena tidak mengetahui perkembangan di luar rumah.
 
Agar bisa mengusir perasaan kesepian dan merasa terisolasi, kamu perlu untuk selalu terhubungan dengan teman di kantor lewat media digital. Kamu bisa aktif bertanya kabar di group, atau sesekali melakukan video call bareng teman-teman dekat.
 
Saling terhubung dan bertanya kabar akan menyadarkan diri, bahwa kamu tidak sendirian dalam menghadapi situasi sulit seperti sekarang ini.

5. Disiplin dengan waktu kerja

Disiplin dengan waktu kerja Disiplin dengan waktu kerja Pexels/Burst

Work from home membuat sebagian orang kesulitan untuk menentukan batasan waktu kerja. Belum lagi pekerjaan yang tiba-tiba datang di jam-jam terakhir atau distraksi dari orang rumah yang membuat kamu harus menunda sebentar pekerjaan. 
 
Meski berbagai kendala di atas sering kamu temukan hingga sekarang, kamu tetap perlu disiplin terhadap waktu kerja. Saat bisa disiplin kamu akan lebih mudah menentukan batasan waktu, kapan harus istirahat dan berhenti bekerja.
 
Mudah merasa stres saat bekerja di rumah bukan hanya dialami oleh kamu seorang. Kita semua sama-sama merasakan hal yang sama, terlebih lagi bekerja di tengah pandemi yang sampai sekarang tidak tahu kapan akan berakhir. 
 
Hal penting yang perlu kamu lakukan agar tidak mudah stres adalah berusaha untuk terus berpikir positif dan terus bersyukur. Yuk, semangat kerjanya hari ini!
 
Baca Juga
Tips Tetap Produktif Bekerja Saat Work From Home
Tips Agar Tidak Lembur Saat Work From Home
5 Situs Online Buat Upgrade Skill Saat Physical Distancing