Business Tips

27 March 2019

Manfaat Data Untuk Menciptakan Campaign yang Efektif Bagi Brand

Lewat data membuat campaign jauh lebih mudah
Manfaat Data Untuk Menciptakan Campaign yang Efektif Bagi Brand Manfaat Data Untuk Menciptakan Campaign yang Efektif Bagi Brand Unsplash/Aidan Hancock
Banyaknya platform canggih yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data tentunya membuat peran marketers lebih mudah lagi dalam membuat campaign. Mengetahui seperti apa kebiasaan audiens lewat informasi yang dirangkum dalam big data akan sangat berguna untuk meciptakan campaign yang kehadirannya diharapkan.
 
Big data yang dikelola secara rapih mampu menjadi senjata yang kuat bagi brand untuk terus eksis dengan berbagai terobosan baru. Dalam konteks membuat campaign, data memiliki peran yang penting untuk mengukur seberapa besar tingkat keefektifan yang akan didapatkan. Lantas kenapa lewat data hal tersebut bisa terjadi?

1. Mengetahui segmentasi audiens yang dimiliki

Mengetahui segmentasi audiens yang dimiliki Mengetahui segmentasi audiens yang dimiliki Pexels/Buro Millennial

Menentukan target market sebelum membuat brand menjadi hal wajib yang harus dilakukan, namun apakah pada kenyataanya target market yang dimiliki sudah sesuai dengan tujuan awal? Tentunya hal tersebut dapat dibuktikan dari seberapa banyak audiens di berbagai platform media digital yang kamu miliki dan seberapa besar daya beli konsumen dengan target yang ditentukan lewat data yang disajikan.
 
Data mampu mengklasifikasikan segmentasi audiens dari sebuah brand. Segmentasi menjadi komponen penting dalam menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam membuat campaign dari sebuah brand. Strategi yang benar akan membuat keberhasilan campaign lebih besar untuk terealisasikan.

2. Menciptakan konten campaign yang relevan

Menciptakan konten campaign yang relevan Menciptakan konten campaign yang relevan http://higo.id/

Setiap orang bisa menciptakan konten yang diinginkan, tapi hanya sedikit orang yang mampu membuat pesan dari konten tersebut sampai di hati audiens dan hal itu yang membedakan tugas marketers dengan yang lainnya.
 
Materi campaign yang relevan akan membuka peluang yang lebih besar untuk mengajak audiens melakukan apa yang diinginkan oleh brand. Misalnya mengajak untuk melakukan klik, mengisi survei, atau mungkin pembelian.

3. Memilih platform yang paling tepat

Memilih platform yang paling tepat Memilih platform yang paling tepat Unsplash/Phil Desforges

Data mampu menentukan platform mana yang paling banyak menyumbang audiens yang berubah menjadi konsumen. Sehingga lebih fokus dengan platform yang jelas-jelas sudah mendatangkan banyak konsumen penting untuk terus dikembangakan. Pemilihan materi campaign yang menarik dengan pemilihan platform yang tepat menjadi dua kombinasi yang sempurna untuk menghasilkan campaign yang efektif. 

4. Mampu meningkatkan engagement yang tinggi

Mampu meningkatkan engagement yang tinggi Mampu meningkatkan engagement yang tinggi Unsplash/Freestocks.org

Data yang dikelola dengan baik tentunya mampu meningkatkan engagement dengan para audiens. Ini bisa terjadi karena setiap strategi yang dilakukan, konten yang dibuat, dan platform yang digunakan berasal dari analisa yang panjang dari sebuah data. Materi campaign yang menarik pastinya tidak sulit untuk mengajak banyak audiens ikut terlibat untuk menyukseskan campaign yang telah dibuat.

5. Data memberikan evalusia yang akurat

Data memberikan evalusia yang akurat Data memberikan evalusia yang akurat Unsplash/Lukas Blazek

Data mampu memberikan evaluasi yang paling akurat untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah campaign. Evaluasi ini nyatanya akan memudahkan marketers untuk membuat konten campaign yang lebih relevan dan menarik lagi para audiens. 
 
Data mampu memberikan prediksi yang akurat dan tentunya evaluasi yang paling tepat untuk menyusun strategi campaign yang akan dilakukan selanjutnya. Untuk itu data menjadi peran yang sangat penting untuk dimiliki brand agar mampu menjangaku apa yang diingkan oleh audiens.
 
Salah satu platform yang sangat akurat dan detail dalam merangkum informasi dari audiens yang melihat campaign adalah WiFi advertising. HIGO menjadi WiFI Advertising Platform yang mampu memberikan lokasi beriklan yang paling tepat dengan segmentasi yang diingkan serta merangkum semua informasi tentang audiens yang melihat iklan dalam satu dashboard.