Lifestyle

4 March 2020

Kaya Vitamin C, 5 Makanan Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Yuk, jaga daya tahan tubuh di tengah wabahnya virus corona!
232 Views
Kaya Vitamin C, 5 Makanan Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Kaya Vitamin C, 5 Makanan Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Unsplash/Pablo Merchan Montes
Penyebaran virus corona di Indonesia memang membuat kamu dan seluruh masyarakat Indonesia jadi resah. Tapi, jangan biarkan perasaan resah tersebut menjadikan kamu sulit untuk mengambil tindakan dan pencegahan dalam menghadapi virus corona.
 
Alih-alih membeli banyak masker di toko, peduli dengan kesehatan diri sendiri dengan cara menjaga daya tahan tubuh lebih penting untuk dilakukan. Memperkuat sistem kekebalan tubuh bisa kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. 
 
Sejak dahulu, vitamin C memang dikenal sebagai zat yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, tapi tubuh manusia tidak bisa memproduksinya sendiri. Sehingga cara terbaik untuk memperoleh asupan vitamin C bagi tubuh adalah dengan rutin mengonsumsi buah serta sayuran segar. Selain jeruk, masih banyak buah dan sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi.
 

1. Jambu biji

Jambu biji Jambu biji Unsplash/Amirul Islam

Buah pertama yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah jambu biji. Setiap 100 gram jambu biji mengandung 228 miligram vitamin C. Selain jumlah vitamin C yang begitu tinggi, jambu biji mampu mengurangi risiko terkena penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, dan juga jamur.
 
Menurut artikel yang diterbitkan oleh Mekarsari, kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu biji bukan berada di bagian dagingnya melainkan pada kulitnya. Pada saat jambu biji matang sempurna dan bertekstur luna, kandungan vitamin C akan berkurang dan saat diolah menjadi keripik kandungan vitaminnya akan berkurang hingga 50%. 
 

2. Stroberi

Stroberi Stroberi Unsplash/Monika Grabkowska

Buah yang identik dengan warna merah ini punya kandungan vitamin C yang lebih baik dari jeruk. Tak hanya enak untuk dimakan langsung, kamu juga berkreasi dengan buah yang memiliki bintik-bintik hitam di tubuhnya. 
 
Di dalam 100 gram buah stoberi terkandung 89 gram vitamin C yang bantu jaga daya tahan. tubuh. Kandungan vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang membahayakan tubuh. 
 

3. Bayam

Bayam Bayam Unsplash/Louis Hansel Shotsoflouis

Tak kalah dengan jambu biji, sayuran berwarna hijau ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Setiap 100 gram bayam mengandung 130 miligram vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita. 
 
Kamu yang ingin mengolah bayam sebisa mungkin jadi dimasak dengan waktu yang terlalu lama agar nutrisinya tidak berkurang. Selain diolah menjadi masakan, kamu juga bisa membuat jus dengan bayam dan campuran nanas atau pisang.

4. Kiwi

Kiwi Kiwi Unsplash/Kabir Kotwal

Saat mendengar buah kiwi kamu pasti terbayang dengan rasanya yang asam, tapi juga manis. Buah yang berada dari Cina ini memang mudah ditemukan di berbagai supermarket di Indonesia. Tak hanya rasanya yang segar, setiap 100 gram kiwi mengandung 93 miligram vitamin C yang dapat menaikkan kekebalan tubuh.
 
Berdarkan hasil riset dari Taipe Medical University, kiwi juga mengandung hormon serotin. Hormon ini tidak hanya baik untuk mengelola suasana hati agar tetap positif, tapi juga bisa membantu penderita insomnia untuk tidur karena dapat memunculkan perasaan kantuk.
 

5. Brokoli

Brokoli Brokoli Unsplash/Saurav Rastogi

Sayuran yang sering diolah dengan cara ditumis ini juga tak kalah baiknya untuk menghasilkan vitamin C bagi tubuh. Setiap 100 gram brokoli yang kamu makan, mengadung setidaknya 89 gram vitamin C yang bantu jaga daya tahan tubuh.
 
Proses pengolahan begitu penting agar nutrinya tetap utuh, sehingga mengolahnya mnejadi salad jadi pilihan utama. Jika kamu ingin menumisnya, pastikan waktunya hanya 5 menit dan jika megolahnya dengan oven sebisa mungkin atur waktunya menjadi 2 menit saja.
 
Menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit di tengah merebaknya virus corona dan musim hujan yang sering terjadi, jadi bentuk antisipasti dini yang bisa kamu lakukan. Kebersihan anggota tubuh, khususnya tangan jadi prioritas yang perlu kamu lakukan setiap saat. Yuk, kita saling jaga dan mengingatkan di tengah virus corona yang melanda Indonesia.