Lifestyle

25 March 2019

Ini 5 Bukti Kamu Itu Tipe Pembelajar Sejati

Sang pembelajar sejati tak kenal henti, nih!
Ini 5 Bukti Kamu Itu Tipe Pembelajar Sejati Ini 5 Bukti Kamu Itu Tipe Pembelajar Sejati Unsplash/Muhammad Haikal Sjukri
Meski lelah, apa kamu termasuk yang akan merasa senang dan bahagia saat belajar hal baru? Wah, jika ia tentunya sikap positif tersebut sangat patut untuk dipuji lho, karena itu salah satu tanda bahwa kamu termasuk tipe pembelajar sejati.
 
Tidak semua orang tertarik dan merasa bahagia saat mereka belajar hal baru, nyatanya banyak dari mereka yang lebih suka untuk mengerjakan hal-hal yang sudah mereka tahu saja dan tidak pernah berani untuk mencoba hal baru lainnya. Padahal, terlalu nyaman berada di zona nyaman juga tidak baik untuk perkembangan diri kamu.
 
Jika kamu belum tahu apakah kamu termasuk ke dalam tipe pembelajar sejati, mungkin beberapa ciri-ciri di bawah ini bisa kamu cocokkan dengan kepribadian kamu. 

1. Selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi Selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi Unsplash/Deddy Yoga Pratama

Sebenarnya ini sama dengan kepo tapi dalam konteks yang berbeda. Rasa kepo itu sebenarnya baik lho, jika digunakan dalam kondisi yang benar. Rasa ingin tahu yang ditinggi menjadikan kamu selalu haus akan informasi baru dan merasa tertantang untuk mengaplikasikannya.

2. Menganggap berpikir kritis itu perlu

Menganggap berpikir kritis itu perlu Menganggap berpikir kritis itu perlu Unsplash/Jody Hong Films

Selalu bertanya kenapa dan bagaimana terhadap sebuah masalah sudah menunjukkan bahwa kamu termasuk orang yang berpikir kritis. Berusaha berpikir kritis akan membantu kamu dalam mengklasifikasikan berbagai masalah menjadi lebih mudah.

3. Tidak mudah berhenti saat menghadapi kesulitan

Tidak mudah berhenti saat menghadapi kesulitan Tidak mudah berhenti saat menghadapi kesulitan Unsplash/Casey Tucker

Pasti ada saatnya kamu akan menemukan berbagai macam kesulitan saat proses belajar, tapi alih-alih berhenti kamu malah merasa tertantang dan semangat untuk bisa menyelesaikannya.
 
Kamu tahu bahwa saat kamu berhenti hanya akan menyia-nyiakan kerja keras yang selama ini sudah kamu lakukan, sehingga tidak berhenti bukanlah pilihan tapi sebuah keharusan yang harus dilakukan.

4. Tidak sungkan untuk bertanya

Tidak sungkan untuk bertanya Tidak sungkan untuk bertanya Unsplash/NeONBRAND

Nyatanya tidak semua teori bisa dipraktekan, ada kalanya dengan bertanya dan mengikuti saran dari seseorang yang pernah mengalaminya lebih membantu.
 
Untuk itu ciri-ciri selanjutnya dari tipe pembelajar sejati adalah mereka tidak sungkan untuk bertanya jika dirasa mengalami kesulitan. Dengan mendengarkan saran dari beberapa orang nyatanya menjadi masukan yang baik agar bisa menuntaskan apa yang ingin kamu selesaikan.

5. Berani mengambil resiko

Berani mengambil resiko Berani mengambil resiko Unsplash/Chuttersnap

Berani mengambil resiko menjadi ciri-ciri terakhir dari pembelajar sejati. Kamu percaya bahwa resiko bukan suatu hal yang perlu dihindari tapi sebuah kesempatan besar yang perlu untuk diperjuangkan.
 
Kamu sadar bahwa setiap pilihan yang ditentukan selalu memiliki resiko di dalamnya, sehingga resiko tidak akan pernah bisa menghentikan semangat kamu dalam belajar.
 
Ciri-ciri di atas tidak semua orang memilikinya lho, sehingga kamu perlu berbangga dan mengapresiasi diri kamu sendiri jika kamu merasa sudah memilikinya.
 
Buat kamu yang merasa belum memiliki ciri-ciri sebagai pembelajar yang tangguh tak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa untuk memunculkannya dan berusaha lebih keras lagi mulai dari sekarang. Semangat, genks!