Lifestyle

15 January 2020

Dampak Anxiety Attack Bagi Perkembangan Karir Milenial

Mulai belajar peduli dengan apa yang kamu rasakan
Dampak Anxiety Attack Bagi Perkembangan Karir Milenial Dampak Anxiety Attack Bagi Perkembangan Karir Milenial Unsplash/Kilarov Zaneit
Anxiety attack jadi topik hangat yang sering diperbincangkan milenial, bahkan banyak konten di media sosial yang secara detail membahas topik ini. Anxiety attack adalah serangan kecemasan berlebih yang mulai menyerang milenial. Beberapa penelitian menyebutkan anxiety masuk ke dalam kondisi gangguan mental yang jika dibiarkan akan berdampak pada perkembangan karir.
 
Persaingan karir yang semakin ketat dan pesatnya penetrasi digital khususnya media sosial, memberikan pengaruh yang besar timbulnya anxiety attack ini. Biasanya seseorang yang mengalami anxiety attack tidak menyadarinya secara langsung, hingga kecemasan yang dirasakan memengaruhi kondisi fisik dan psikis. 
 
Baca Juga
Teknik Pomodoro Bantu Kerja Lebih Fokus & Produktif

Hal sepele yang masuk kategori anxiety

Hal sepele yang masuk kategori anxiety Hal sepele yang masuk kategori anxiety Unsplash/Freshh Connection

Timbulnya perasaan cemas masuk ke dalam kategori yang wajar karena kamu sering mengalaminya. Di dalam pekerjaan, ada beberapa anxiety yang masuk ke dalam kategori yang bisa menghambat atau mengganggu karir kamu di kantor.
 
1. Strategi yang dikasih sudah sesuai belum ya?
2. Pas meeting tadi kasih pendapatnya bener nggak ya?
3. Kira-kira bos percaya nggak ya?
4. Teman-teman kantor baik beneran nggak ya?
5. Apa yang sudah dilakuin sampai sekarang sudah bener belum ya?
 
Perasaan anxiety yang sering menyita pikirin memang sulit untuk dihindari, tapi jika terlalu fokus dan berlarut-larut dengan perasaan tersebut kamu tidak akan bisa menghasilkan karya. 
 
Anxiety atau kecemasan jadi wajar dalam kontek yang masih normal. Lewat perasaan cemas kamu bisa menyiapkan segala sesuatunya lebih terencana lagi untuk menghindari kesalahan yang akan datang nantinya. 

Dampak anxiety bagi perkembangan karirmu

Dampak anxiety bagi perkembangan karirimu Dampak anxiety bagi perkembangan karirimu Unsplash/Eutah Mizushima

Ada banyak dampak yang ditimbulkan jika kamu tidak bisa melawan anxiety terhadap perkembangan karirmu. 
 
1. Kamu akan takut untuk memberikan ide baru
2. Kamu sulit untuk improve skill baru
3. Kamu terlalu takut dengan tantangan baru
4. Terbuai dengan zona nyaman
5. Tidak berani menjadi diri sendiri saat dilingkungan kantor

Langkah mengatasi anxiety pada diri sendiri

Langkah mengatasi anxiety pada diri sendiri Langkah mengatasi anxiety pada diri sendiri Unsplash/Ali Yahya

Jika kamu merasa anxiety yang kamu alami sudah sangat mengganggu bahkan bisa merugikan diri kamu sendiri, cobalah untuk mengatasinya secara bertahap dan dimulai dari hal yang paling mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan anxiety.
 
1. Mulai menerima diri sendiri apa adanya

Setiap orang selalu memiliki kekurangan dan kelebihan. Saat kamu melihat teman sekantor dengan kemampuan yang mumpuni jangan dijauhi dan merasa minder. Bertemanlah dengan mereka dan belajarlah darinya. Hal sederhana yang perlu kamu tamankan adalah dengan tidak merasa rendah diri, meskipun kamu tahu kamu belum mampu melakukan hal tersebut. 
 
2. Buatlah perasaanmu gembira
 
Emosi memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan sikap yang akan kamu keluarkan. Sebisa mungkin berupaya untuk mengontrol perasaan gembira pada diri sendiri agar emosi yang kamu keluarkan bersifat positif. 
 
3. Rutin melakukan kegiatan yang sehat
 
Berbagai kegiatan yang sehat akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh. Luangkan sedikit waktu lenggang kamu untuk menikmati udara pagi hari meski hanya sekedar berlari di sekitar komplek rumah. Jika kamu suka berenang, kamu juga bisa melakukannya. 
 
Sebisa mungkin ciptakan kondisi yang paling nyaman untuk diri sendiri dan terus melatih untuk selalu mencintai diri sendiri dengan cara tidak pernah malu untuk menunjukkan seperti apa dirimu sendiri. 
 
Semua orang pasti memiliki kecemasannya masing-masing, jadi cobalah untuk terus melawannya dan berikan usahamu yang terbaik, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. 
 
Baca Juga
Gangguan Kesehatan yang Sering Menyerang Milenial
Jam Kerja Lebih Sedikit Nyatanya Buat Pekerja Lebih Produktif
Trik Tetap Semangat Meski Kantor Tak Lagi Nyaman