Tech & Social Media

5 November 2019

Cara Mudah Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Cepat Habis

Kamu nggak perlu lagi takut kehabisan baterai!
Cara Mudah Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Cepat Habis Cara Mudah Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Cepat Habis Unsplash/Pascal Brandle
Pengalaman baterai ponsel terasa cepat habis memang jadi kendala yang menyebalkan. Apalagi saat kamu sedang berada diperjalanan atau sedang janjian dengan seseorang, baterai ponsel yang habis jadi kendala yang besar. 
 
Membawa power bank kemana pun kamu pergi bisa jadi salahs atu solusinya, tapi saat power bank kamu juga dayanya habis maka akan menimbulkan kendala juga. Merawat baterai ponsel agar tidak cepat habis sebenarnya berawal dari cara pemakaian kamu sebagai pemilik. Tidak perlu menginstal banyak aplikasi sebagai penjaga agar baterai tetap awet. Lewat langkah mudah berikut ini, kamu sudah bisa merawat baterai ponsel agat tidak cepat habis.

1. Perhatikan kapan ponsel harus di charger

Perhatikan kapan ponsel harus di charger Perhatikan kapan ponsel harus di charger Unsplash/Thomas Kolnowski

Kebiasaan men-charge ponsel saat kondisi benar-benar mati total sangat tidak dianjurkan karena membuat umur baterai cepat berkurang. Tidak ada patokan yang pasti berapa persen sebaiknya baterai ponsel harus segera diisi, tapi sebisa mungkin charge ponsel kamu saat sudah 5%. 
 
Meski terkesan sepele, proses charger yang tepat membuat performa baterai kamu tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jadi aman saat berpergian jarak jauh.

2. Pengisian ponsel hingga penuh tanpa digunakan

Pengisian ponsel hingga penuh tanpa digunakan Pengisian ponsel hingga penuh tanpa digunakan Unsplash/Tamarcus Brown

Ada beberapa pendapat tentang berapa persen sebaiknya baterai ponsel dilepas setelah diisi. Ada yang mengatakan lebih bagus dicabut setelah 80% namun ada juga yang berpendapat penuh. 
 
Sebenarnya melakukan pengisian baterai yang baik itu tidak sambil digunakan. Jadi tak masalah untuk mengisinya hingga full, tapi syaratnya jangan dimainkan hingga proses pengisian baterai selesai.
 
Baca Juga
5 Benda Terlarang Untuk Membersihkan Layar Ponsel

3. Hindari menggunakan live wallpaper

Hindari menggunakan live wallpaper Hindari menggunakan live wallpaper Unsplash/Dhe haivan

Live wallpaper sering dipilih khususnya para wanita karena membuat tampilan screen terkesan lebih imut atau keren, tapi akibatkan baterai ponsel kamu jadi cepat habis dalam waktu yang dekat.
 
Sebaiknya gantilah screen wallpaper dengan foto. Jika kamu merasa tidak memiliki foto yang bagus untuk dijadikan wallpaper, kamu bisa mengambilnya dari Pinterest, Canva, atau Instagram.

4. Matikan GPS jika tidak digunakan

Matikan GPS jika tidak digunakan Matikan GPS jika tidak digunakan Unsplash/Samuel Foster

Keseringan lupa mematikan GPS jadi penyebab yang membuat baterai ponsel kamu cepat habis. GPS yang aktif membuat keberadaan lokasi kamu sekarang selalu diperbaharui dan itu membuat baterai ponsel jadi cepat habis.
 
Sebisa mungkin hidupkan GPS hanya saat ingin mencari jalan tidak kamu ketahui atau saat ingin post di media sosial lengkap dengan tag lokasi kamu sekarang dan setelah itu non aktifkan kembali GPS ponsel kamu.

5. Redupkan sedikit layar ponsel

Redupkan sedikit layar ponsel Redupkan sedikit layar ponsel Unsplash/Koby Kelsey

Mengatur tingkat kecerahan ponsel juga bisa membuat baterai kamu awet dan bertahan lama sata dibawa pergi. Mengatur tingkat kecerahan secara manual juga sangat baik untuk mata kamu. Layar ponsel yang terlalu terang membuat mata kamu cepat lelah dan perih saat melihatnya.
 
Setelah mengatur tingkat kecerahan, kamu juga bisa menerapkan fitur downtime yang ada di iphone milikmu. Fitur downtime membuat kamu membatasi penggunaan aplikasi. Jadi di waktu yang telah ditentukan hanya aplikasi yang kamu pilih yang bisa digunakan. 
 
Merawat baterai ponsel agar tidak cepat habis dan awet sebenarnya dimulai dari cara pemakaian kamu setiap harinya. Mulai sekarang cobalah untuk tidak menganggap sepele hal-hal di atas. 
 
Baca Juga
Hati-hati, Ini Tempat Terlarang Meletakkan Ponsel Saat Kamu Tidur
Trik Mudah Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah
Repost Instagram Story Makin Keren dengan Over