Business Tips

4 March 2019

Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Bagi Pemula

Teliti ya sebelum memilih!
119 Views
Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Bagi Pemula Cara Memilih Rekan Bisnis yang Tepat Bagi Pemula Unsplash/Rawpixel
Nyatanya tidak semua orang berani memutuskan untuk memiliki bisnis, selain karena faktor modal yang harus dipikirkan, manajemen yang tepat juga sangat diperlukan untuk menghindari kebangkrutan.
 
Bagi para pemula, menemukan rekan bisnis yang tepat sangat penting, kenapa? Keberadaan rekan bisnis akan sangat membantu kamu dalam membuat strategi, mengambil keputusan, dan menemani di masa-masa yang sulit. 
 
Untuk memilih rekan bisnis kamu tidak boleh asal, banyak kriteria yang harus dipenuhi sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama. Berikut kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih rekan bisnis.

1. Terjalin komunikasi yang lancar

Terjalin komunikasi yang lancar Terjalin komunikasi yang lancar Unsplash/Rawpixel

Membangun hubungan selalu dimulai dari proses komunikasi. Proses ini bisa menentukan apakah hubungan kamu bisa berlanjut atau tidak dengan calon rekan bisnis. 
 
Proses komunikasi yang lancar dan merasa cocok menjadi awal agar kamu bisa menjalin hubungan yang semakin dekat dan membangun kolaborasi yang saling melengkapi satu sama lain nantinya. 

2. Memiliki visi dan misi yang sejalan

Memiliki visi dan misi yang sejalan Memiliki visi dan misi yang sejalan Unsplash/Rawpixel

Visi dan misi itu ibaratkan peta yang akan memandu kamu dalam menjalankan sebuah bisnis. Memilih rekan bisnis dengan visi dan misi yang sejalan sangat wajib untuk dilakukan.
 
Ibarat mengarungi laut dengan perahu yang didalamnya ada dua nahkoda dan masing-masing nahkoda memiliki tujuan yang berbeda, maka seberapa lama pun kamu berlayar perahu tersebut tidak akan pernah sampai ke tujuan. 
 
Hal di atas sama dengan sebuah visi dan misi yang dipegang. Tanpa adanya visi dan misi yang sama, akan mustahil bisnis tersebut berkembangan karena masing-masing tujuannya sudah berbeda.

3. Keberadaannya saling melengkapi satu sama lain

Keberadaannya saling melengkapi satu sama lain Keberadaannya saling melengkapi satu sama lain Pexels/Christina Morillo

Setiap manusia pada dasarnya memang memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Mampu menutupi kekurangan yang kamu miliki bisa jadi kriteria selanjutnya dalam memilih rekan bisnis.
 
Misalnya, kamu termasuk pintar dalam menentukan strategi tapi masih sering kesulitan untuk menjelaskannya ke orang lain, nah rekan bisnis yang akan melengkapi kekurangan yang kamu miliki. Kolaborasi yang saling melengkapi akan membuat kamu dan rekan bisnis semakin kompak.

4. Memiliki semangat ingin sukses yang tinggi

Memiliki semangat ingin sukses yang tinggi Memiliki semangat ingin sukses yang tinggi Pexels/Burst

Menunjukkan keinginan sukses yang tinggi menjadi klasifikasi selanjutnya saat ingin memilih rekan bisnis. Keinginan sukses yang tinggi dapat dilihat dari  pencapaian yang telah diraih selama ini.
 
Penting untuk kamu perhatikan bahwa rekan bisnis merupakan seseorang yang sama-sama akan meluangkan semua waktu dan pikiran untuk mengembangkan bisnis yang ada, sehingga memiliki semangat ingin sukses yang tinggi dan pantang menyerah sangat diperlukan.

5. Dapat dipercaya dan diandalkan

Dapat dipercaya dan diandalkan Dapat dipercaya dan diandalkan Pexels/Mentatdgt

Memiliki kredibilitas yang baik serta dapat dipercaya penting untuk diperhatikan dalam memilih seorang rekan bisnis. Menjalankan bisnis tanpa adanya rasa kepercayaan hanya akan menyulitkan langkah kamu dalam menjalankan bisnis.
 
Cobalah tanyakan pada diri sendiri seberapa percaya kamu dengan calon rekan bisnismu ini. Jika masih ada keraguan cari tahu lagi lebih dalam sampai kamu menemukan keputusan yang pas, apakah tetap melanjutkannya atau memilih rekan bisnis lain. 
 
Memilih rekan bisnis bukan hanya tentang mereka yang punya modal besar tapi juga mereka yang sama-sama memiliki tujuan yang sama.