Tech & Social Media

14 April 2020

Cara Hemat Kuota Internet Saat Work From Home

Anti boros-boros kuota saat WFH!
Cara Hemat Kuota Internet Saat Work From Home Cara Hemat Kuota Internet Saat Work From Home Unsplash/Bongkarn Thanyakij
Penyebaran Covid-19 yang semakin masif di Indonesia akhirnya membuat pemerintah mengambil tindakan untuk melakukan physical distancing. Pembatasan aktivitas keluar rumah, membuat seluruh masyarakat harus mampu beradaptasi untuk belajar dan bekerja dari rumah atau work from home
 
Tidak bisa dipungkiri, selama melakukan work from home, pemakaian kuota internet setiap harinya pasti bertambah. Belum lagi, beralihnya semua hiburan yang bisa didapatkan saat keluar rumah sekarang hanya bisa lewat internet seperti streaming Netflix, games online, dan lain sebagainya.
 
Selama melakukan work from home hingga mendapatkan hiburan lewat internet, penggunaan kuota perlu untuk diperhatikan agar tidak mudah habis. Apalagi bagi kamu yang menggunakan ponsel untuk melakukan hotspot ke laptop, beberapa tips ini perlu dilakukan agar dapat menghemat kuota internet.
Infografik Cara Hemat Kuota Saat WFH Infografik Cara Hemat Kuota Saat WFH higo.id

1. Batasi kapasitas data yang digunakan

Membatasi pemakaian internet menjadi langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghemat kuota selama melakukan work from home. Kamu bisa Pilih kuota unlimited selama melakukan work from home untuk membatasi kuota harian yang digunakan. 
 
Bagi pengguna ponsel Android dan menggunakannya sebagai tethering ke laptop, kamu bisa melakukan beberapa langkah ini untuk membatasi kapasitas paket data. Caranya pertama pilih Setting - Klik Data Usage - Pilih Set Mobile Data Limit.

2. Hanya perbaharui aplikasi saat konek WiFi

Bisa jadi saat tidak menggunakan WiFi di rumah  dan hanya mengandalkan kuota internet dari ponsel, sebisa mungkin hindari pembaharuan aplikasi secara otomatis. Bayangkan, jika satu aplikasi memiliki ukuran 20 MB dan ada 5 aplikasi yang memiliki ukuran sama, maka sudah 100 MB kuota yang telah terpakai.
 
Melakukan pembaharuan secara otomatis lewat paket data pribadi hanya membuat kuota kamu cepat habis, padahal saat sedang melakukan physical distancing seperti sekarang ini, bijak dan hemat dalam memakai kuota internet sangat penting agar selama belajar atau bekerja kecepatan internet tetap stabil.

3. Gunakan browser Opera dengan fitur Opera Turbo

Browser asal Norwegia ini memiliki fitur Opera Turbo yang memberikan kecepatan internet dengan penggunaan paket data yang lebih hemat. Ini bisa dilakukan karena Opera Turbo membuat ukuran setiap konten yang tayang di website, baik video, foto, dan juga teks menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya. 
 
Hal inilah yang membuat pengalaman kamu dalam berselancar di dunia maya lebih cepat dan tentunya menghemat paket data. Untuk mengaktifkan fitur Opera Turbo, klik ikon dibagian pojok kiri atas pada Opera, kemudian klik fitur Opera Turbo.
 
Selain Opera, Chrome juga memiliki fitur yang mampu mengkompres kuota internet dengan baik. Kamu bisa menonaktifkan pengunduhan gambar atau video saat membuka sebuah laman. Mulailah dengan klik ikon tiga titik di sisi pojok kanan atas, klik Setting, pilih Privacy, lalu pilih Content Setting, klik Image, kemudian klik pada bagian Do not show any images

4. Batasi penggunaan data di Background Apps

Background Apps data adalah data yang tersedot oleh aplikasi saat aplikasi sedang tidak kamu gunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim Opera, 30% dari keseluruhan data disedot oleh aplikasi yang berjalan di Background Apps.
 
Mulailah untuk membatasi penggunaan data di Background Apps dengan pergi ke menu Setting, pilih Data Usage, lalu tap tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian Restict Background, dan pilih OK pada Android milikmu.

5. Streaming menggunakan Youtube Go

Saat kehilangan fokus dan ingin me-refresh otak, biasanya beberapa orang akan membuka media sosial atau menonton video di Youtube. Seperti yang kita tahu, streaming video merupakan kegiatan yang paling banyak menyita kuota internet.
 
Agar tetap bisa streaming video, tapi kuota internet tetap awet kamu bisa gunakan aplikasi Youtube Go. Aplikasi ini memiliki fitur yang mampu melakukan preview video dalam bentuk slideshow.
 
Saat ingin mengunduh video, kamu bisa memilih ukuran video yang paling kecil dan bahkan Youtube Go akan memberikan informasi tentang kapasitas memori yang tersisa dari ponsel. 
 
Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet ponsel selama melakukan work from home. Pastikan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan meski #dirumahaja dengan perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
 
Baca Juga
Tips Agar Tidak Lembur Saat Work From Home
10 Efek Instagram Story yang Hype di 2020
5 Penyebab Koneksi Internet Indonesia Begitu Lambat