Tech & Social Media

20 November 2019

5 Tips Menghasilkan Foto Terbaik di Instagram

Kamu juga bisa buat foto kece!
5 Tips Menghasilkan Foto Terbaik di Instagram 5 Tips Menghasilkan Foto Terbaik di Instagram Shutterstock.com
Setiap hari ada jutaan foto yang dibagikan di Instagram oleh para penggunanya. Kita tentu menjadi salah satunya. Hal ini agar kita bisa berbagi memori, cerita, pengalaman dalam foto kepada para followers.
 
Dari sana, kita bisa membangun sebuah image tentang diri kita. Semakin baik gambar yang kita bagikan, maka semakin bagus pula image atau gambaran tentang diri kita di Instagram.
 
Jika berdampak sangat baik, hal ini bukan hanya bisa menjadi sebuah platform untuk berbagi foto saja, tapi juga sebagai tempat yang menghasilkan pendapatan. Biasanya, mereka yang biasa membagikan foto terbaik mereka di Instagram akan lebih banyak disukai pengguna lainnya.
 
Walaupun kita bukanlah seorang fotografer profesional dan hanya menggunakan alat seadanya untuk membuat foto, jangan khawatir. Karena kini kamera smartphone sudah cukup canggih, dan kita juga bisa melakukan edit foto online sehingga mudah untuk membuat foto yang keren. Untuk semakin membuat foto semakin keren, ikutilah beberapa tips berikut agar kita bisa membuat foto keren untuk di-upload di Instagram.

1. Cahaya yang cukup

Pastikan bentuk foto sesuai keinginan Pastikan bentuk foto sesuai keinginan Shutterstock.com

Apapun alatnya, foto adalah soal permainan cahaya. Bagaimana cahaya dalam foto bisa menghasilkan gambar terbaik. Karennya, pastikan kita memfoto objek dengan cahaya yang cukup.
 
Bukan berarti kita tidak bisa memfoto dalam keadaan gelap seperti di ruangan atau saat malam hari. Kita bisa melakukannya, asalkan objek utamanya mendapatkan cukup cahaya sehingga tampil sebagai objek utama foto.

2. Pastikan bentuk foto sesuai keinginan

Pastikan bentuk foto sesuai keinginan Pastikan bentuk foto sesuai keinginan Shutterstock.com

Kini, Instagram sudah mendukung gambar sampai dengan ukuran dimensi 16:9, dahulu hanya gambar dengan perbandingan 1:1 yang bisa di-post di Instagram.
Walau begitu, kita perlu untuk memperhatikan ukuran foto di gadget kita.
 
Apakah kita akan mem-posting gambar 1:1 atau 16:9. Jangan sampai kita mengambil gambar 16:9 tapi meng-upload gambar 1:1 di Instagram, karena tentu hal ini akan memotong gambar penuh.
 
Baca Juga
5 Aplikasi Kreatif yang Membantu Kebutuhan Milenial

3. Lakukan editing minor

Lakukan editing minor Lakukan editing minor Shutterstock.com

Kebanyakan orang senang mengambil foto lalu mengeditnya dengan berlebihan. Menambahkan warna, menajamkan garis, hingga menerangkan foto secara berlebihan.
 
Ketahuilah, tidak banyak orang yang menyukai foto over-edit. Lakukan editing sederhana seperti menyesuaikan cahaya, menambahkan kontras, menyesuaikan temperatur tanpa berlebihan. Sehingga foto menjadi lebih natural dan tidak berlebihan seperti gambar murahan.

4. Gunakan filter yang cocok

Gunakan filter yang cocok Gunakan filter yang cocok Shutterstock.com

Jangan khawatir jika kita tidak bisa melakukan editing profesional. Karena, Instagram sendiri menyediakan banyak pilihan filter yang bisa kita pilih. Filternya pun banyak dan kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan juga karakter dari foto yang akan di-upload.
 
Hanya saja, terkadang filter yang diberikan oleh Instagram cukup memberikan efek yang berlebihan seperti yang dibahas sebelumnya. Tapi jangan khawatir, karena kini kita bisa memilih filter, sekaligus mengatur level editing filter tersebut dari nol hingga 100 persen.

5. Manfaat website edit foto gratis

Manfaatkan website edit foto gratis Manfaatkan website edit foto gratis Shutterstock.com

Kini, kita bisa mengedit foto dengan menggunakan website dan aplikasi. Biasanya, perangkat maupun website editing memiliki fitur yang lebih komplit daripada yang disediakan oleh Instagram.
 
Sehingga kita bisa mengedit gambar dengan lebih leluasa dari pada di Instagram. Ini bisa membuat foto yang kita edit lebih memiliki karakter. Tapi kita juga perlu mengingat bahwa kita sebaiknya tidak mengedit foto terlalu berlebihan seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya.
 
Baca Juga
Intip Yuk Konsep Feed yang Lagi Happening di Instagram
Repost Feed di Instagram Story Makin Keren dengan Over
Cara Buat Instagram Stories Layaknya Selebgram Tanpa Aplikasi