loadingbar

Business Tips

15 April 2019

5 Manfaat Branding Untuk Menarik Perhatian Konsumen

Buat perhatian selalu tertuju kepadamu
5 Manfaat Branding Untuk Menarik Perhatian Konsumen 5 Manfaat Branding Untuk Menarik Perhatian Konsumen Unsplash/Aaron Sebastian
Melihat banyaknya jaket berwarna hijau yang berkeliaran di seputaran ibu kota, hal apa yang langsung ada dipikiran kamu? Yups, apa lagi kalau bukan brand dari ojek online yang mulai menjadi bagian dari keseharian masyarakat urban.
 
Dari hal sederhana seperti di atas nyatanya, brand ojek online sudah berhasil melakukan branding dengan sangat baik, terlepas dari dua startup decacorn dalam bidang transportasi mana yang lebih dipilih. 
 
Menarik perhatian dan membuat brand yang kamu ciptakan selalu bertengger di benak konsumen menjadi tugas branding.  Kotler dan Keller, dua pakar ahli pemasaran mendefinisikan bahwa:
 
"Branding is endowing products and services with the power of a brand".
 
Secara mudah, branding merupakan proses atau rangkaian komunikasi dengan tujuan memberikan identifikasi atau makna dari sebuah brand agar dapat diingat langsung oleh konsumen secara mudah. Sebagai orang yang memiliki bisnis atau usaha, tentunya akan ada banyak manfaat dari penerapan branding yang baik.

1. Menyadari kehadiran brand baru

Menyadari kehadiran brand baru Menyadari kehadiran brand baru Unsplash/Jonas Lee

Bagaimana caranya sebuah produk atau jasa dipilih jika keberadaanya saja tidak dirasakan. Untuk itu, hal pertama yang akan menjadi keuntungan dari branding adalah bahwa masyarakat akan menyadari adanya kehadiran brand baru. 
 
Dengan menyadari, masyarakat akan lebih mengenal seperti apa produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga mampu menjadi perbandingan dengan brand lama atau paling tidak masyarakat penasaran ingin mencobanya. 
 
Selain dari faktor logo, membuat masyarakat tertarik bisa dengan cara membuat hal unik yang hanya brand kamu miliki, bisa dari tagline yang menarik atau merchandise yang hanya berasal dari produk atau jasa yang kamu geluti.

2. Memberikan Unique Selling Point yang tepat

Memberikan Unique Selling Point yang tepat Memberikan Unique Selling Point yang tepat Joshua Earle/Unsplash

Belajar dari banyak brand besar dunia, yang mampu melekat di hati para konsumennya di tengah banyaknya kehadiran brand baru sangat penting untuk ditiru. Tetap menjadi pilihan bukanlah yang mudah untuk dilakukan, sehingga branding menjadi proses yang penting untuk terus dilakukan. 
 
Menghadirkan unique selling point lewat branding menjadi cara yang sangat baik untuk memberikan identitas pembeda antara brand yang kamu ciptakan dengan brand lain di luar sana. Misalnya saat mendengar bayar pakai GOPAY, kamu akan dengan sadar mengetahui bahwa proses pembayaran tersebut menggunakan aplikasi GO-JEK. 
 

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Meningkatkan kepercayaan pelanggan Meningkatkan kepercayaan pelanggan Kevin Grieve/Unsplash

Bagi brand kecil, kehadiran branding tentunya akan menambah kepercayaan pelanggan. Meningkatkan kepercayaan pelanggan tidaklah mudah, tentunya sebagai brand baru kamu akan terus bersaing untuk merebut banyaknya pelanggan brand lama yang sudah terlebih dahulu menjadi pilihan. 
 
Rasa percaya yang telah didapatkan lewat branding, membuka peluang yang lebih banyak untuk mendapatkan banyak konsumen dan itu tandanya menjadi kabar baik bagi kemajuan brand yang kamu miliki.
 

4. Brand akan lebih mudah untuk dikenal

Brand akan lebih mudah untuk dikenal Brand akan lebih mudah untuk dikenal Melanie Pongratz/Unsplash

Mudah dikenal dan menjadi pilihan pertama di benak konsumen menjadi tanda bahwa branding yang dilakukan berhasil. Saat brand sudah mudah dikenal akan sangat mudah menggiring konsumen untuk membeli atau aktif mengikuti campaign yang dibuat sebuah brand.

5. Menambah citra baik di mata investor

Menambah citra baik di mata investor Menambah citra baik di mata investor Neonbrand/Unsplash

Keberadaan investor menjadi angin segar yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan, namun membuat investor percaya bukanlah perkara mudah. Butuh usaha untuk menarik perhatian banyak masyarakat untuk tertarik menjadi konsumen.
 
Setelah mampu meyakinkan banyak orang untuk memilih brand yang kamu ciptakan, selanjutnya kamu akan lebih mudah menarik perhatian investor agar berniat memberikan suntikan dana yang bisa digunakan untuk pengembangan operasional.
 
Menarik perhatian konsumen dengan cara melakukan branding menjadi hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Untuk itu, saat kamu merasa brand kamu belum melakukan branding secara maksimal, mulailah untuk melakukannya secara lebih serius dan terencana.