loadingbar

Lifestyle

9 April 2019

5 Ketakutan yang Harus Berani Kamu Lawan dalam Hidup

Semua ketakutan itu hanya ada dipikiran kamu, lho
5 Ketakutan yang Harus Berani Kamu Lawan dalam Hidup 5 Ketakutan yang Harus Berani Kamu Lawan dalam Hidup Pexels/Ba Phi
Perasaan cemas yang sering kamu rasakan pada akhirnya akan bermuara menjadi rasa takut. Munculnya perasaan takut memang bukan keinginan kamu, karena tak bisa dipungkiri di dalam hidup, kamu pasti akan menemukan banyak kejadian yang membuat perasaan takut itu muncul.
 
Ketakutan-ketakutan yang kamu rasakan sebenarnya belum tentu menjadi kenyataan. Pada dasarnya perasaan takut itu muncul berawal dari dalam pikiran kamu yang sudah terlanjur over thingking
 
Ada beberapa ketakutan yang sering kamu temukan tapi jarang untuk kamu lawan. Padahal saat berani untuk melakukannya, hasil yang kamu dapatkan tidaklah seburuk yang dibayangkan. Untuk itu, 5 ketakutan ini harus banget berani kamu lawan, agar hidup yang kamu jalankan lebih ringan.
 

1. Ketakutan untuk menolak

Ketakutan untuk menolak Ketakutan untuk menolak Pexels/Ba Phi

Indonesia memang dikenal dengan budaya "Enggak enakan" dan budaya itu nyatanya masih mengakar hingga sekarang. Ketakutan untuk menyinggung perasaan orang lain menjadi alasan yang sering muncul, kenapa kamu sangat sungkan untuk menolak.
 
Berani menolak menjadi langkah pertama untuk mengenyahkan ketakutan yang sering kamu alami. Tidak semua orang akan tersinggung dengan penolakan kamu, mereka pasti akan mengapresiasi keberanian kamu untuk berkata jujur. 
 
Jadi jangan takut untuk melakukan penolakan, intinya gunakan kata-kata yang baik agar hubungan kamu dengan orang lain tetap berjalan baik. Mulai sekarang jangan ragu ya untuk menolak.

2. Ketakutan untuk menjadi berbeda

Ketakutan untuk menjadi berbeda Ketakutan untuk menjadi berbeda Pexels/ Ba Phi

Apa salahnya menjadi berbeda? Bahkan perbedaan yang membuat hidup semakin berwarna, karena pada dasarnya manusi itu diciptakan berbeda untuk saling mengenal dan melengkapi. 
 
Kamu berhak untuk memilih mana yang kamu sukai dan mengikuti kata hati. Jadi saat pilihan kamu berbeda dengan banyak orang, jangan langsung menganggap bahwa diri kamu itu aneh.
 
Percayalah kamu itu tidak aneh, kamu hanya memiliki selera yang berbeda dari kebanyak orang dan itu patut untuk dibanggakan, karena orang hebat selalu memiliki pandangan dan selera yang berbeda dari kebanyak orang. 

3. Ketakutan untuk memulai

Ketakutan untuk memulai Ketakutan untuk memulai Unsplash/Chuttersnap

Pengalaman pertama memang selalu mendebarkan, tapi tidak akan pernah ada akhir jika tidak ada awal. Memulai hal baru memang menjadi pengalaman yang sangat menegangkan, tapi ketakutan itu harus berani kamu lawan.
 
Akan banyak experiance yang menarik dan membuat kamu merasa bersyukur karena telah berani untuk memulainya. Jika sekarang ada kesempatan baru yang menghampiri kamu, entah itu pekerjaan baru, mengikuti berbagai ajang lomba atau yang lainnya, kamu harus berani memulai untuk mencobanya ya.

4. Ketakutan akan berbuat salah

Ketakutan akan berbuat salah Ketakutan akan berbuat salah Pexels/Min An

Siapa di dunia ini yang tidak pernah salah, setiap orang yang hidup pasti pernah melakukan kesalahan, aku, kamu, dan orang lain di luar sana juga sama. Sehingga kamu tidak perlu merasa hidup kamu akan berakhir esok hari karena sudah melakukan kesalahan.
 
Berhenti untuk merasa takut! Kamu harus berani mengambil langkah yang hati kamu percayai dan keep it going. Jika saat di tengah-tengah ada berbagai hambatan, cobalah untuk menikmatinya dan tetap pupuk rasa percaya di dalam hati bahwa kamu bisa melaluinya.

5. Ketakutan untuk meminta tolong

Ketakutan untuk meminta tolong Ketakutan untuk meminta tolong Pexels/ Ba Phi

Bukan berarti kamu menjadi pribadi yang tidak kompeten dan lemah saat meminta tolong. Kamu juga manusia biasa bukan superman atau wonder woman yang bisa melakukan semuanya seorang diri, kamu juga punya limit kemampuan.
 
It's ok, kalau selama ini kamu sering melakukannya seorang diri, tapi percaya deh kalau melakukannya secara bersama akan terasa jauh lebih ringan dan menyenangkan. 
 
Jika kamu punya pengalaman yang kurang menyenangkan tentang meminta tolong, jangan langsung trauma, kamu hanya mendapat orang yang kurang tepat untuk diandalkan. Jadi jangan berhenti dan takut untuk meminta tolong lagi.
 
Mulai sekarang, cobalah untuk mengusir berbagai ketakutan yang kamu rasakan dalam hidup, karena ketakutan itu nyatanya hanya akan ada di pikiran kamu sampai kamu barani untuk melakukannya dan hidup kamu akan terasa jauh lebih ringan jika mampu menyingkirkan semua rasa ketakutan. Semangat!