loadingbar

Tech & Social Media

19 March 2019

5 Fitur di Instagram yang Mampu Tingkatkan Pemasaran Produk

Untuk terkenal lewat Instagram nggak sulit kok!
5 Fitur di Instagram yang Mampu Tingkatkan Pemasaran Produk 5 Fitur di Instagram yang Mampu Tingkatkan Pemasaran Produk Unsplash/NeONBRAND
Media sosial yang telah diakusisi oleh Facebook ini semakin lama semakin menunjukan eksistensinya dalam menggaet banyak pengguna di Indonesia. Terbukti di pertengahan tahun 2018, pengguna aktif Instagram mampu menembus angka 1 miliar. Angka pengguna ini tentunya menjadi peluang yang menjanjikan bagi para brand untuk mengenalkan produk mereka ke khalayak ramai. 
 
Semakin terkenal media sosial miliki Mark Zuckerberg ini terus mengeluarkan banyak fitur baru yang mana semakin memanjakan penggunanya dalam membuat konten yang lebih bervariasi dan kreatif. Bahkan sejak menciptakan Instagram Business banyak brand yang semakin gencar melakukan strategi pemasaran lewat fitur yang disajikan. Untuk itu setidaknya ada 5 fitur andalan yang sering digunakan brand untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan pemasaran. 

1. Fitur Tag produk

Fitur Tag produk Fitur Tag produk https://techcrunch.com

Fitur Tag produk tentunya yang sangat meyenangkan baik dari segi brand ataupun pengguna. Fitur yang diwakili dengan tas belanja ini hanya perlu di tap untuk meliat detail produk yang ditawarkan, baik dari sisi nama, harga hingga direct ke website untuk memungkinan terjadinya transaksi berbelanja.
 
Banyak keuntungan yang bisa dirasakan dari fitur ini, dari sisi brand mereka dengan mudah memberikan penawaran harga, sedangkan dari pihak pengguna mereka tidak perlu repot-repot lagi untuk melihat website atau caption untuk mengetahui harga produk. Fitur ini tidak hanya bisa digunakan untuk feed, bahkan sekarang kamu bisa menggunakannya di Instagram Stories, lho.
 
Untuk lebih memaksimalkan fitur ini, Instagram bahkan memberikan kanal Shopping dalam tab explore. Brand yang muncul hanyalah brand yang telah diikuti oleh para pengguna, secara gampangnya kanal ini seperti rangkuman dari sebuah brand yang diikuti dan ditampilkan menjadi satu. Cara ini tentunya sangat memudahkan semua pengguna Instagram saat mereka ingin berbelanja. 

2. Membuat video di IGTV

Membuat video di IGTV Membuat video di IGTV Ezrankings.org

Fitur yang dibuat untuk menjangkau lebih banyak penguna Youtube untuk beralih ke Instagram ini liris pada pertengahan tahun 2018. Memiliki format video yang berbentuk vertikal, membuat pengguna bisa lebih engage karena tetap bisa memberikan interaksi hingga menyimpan video di akun Instagram mereka masing-masing.
 
IGTV memberikan kesempatan bagi brand untuk lebih mengenalkan produk yang mereka punya dalam bentuk video dengan durasi yang lebih lama. Bagi pengguna Instagram, tentunya mereka sangat dimudahkan untuk tetap tinggal di Instagram tanpa perlu membuka akun lain hanya untuk melihat brand favorit mereka. 

3. Fitur Swipe Up di Instagram Stories

Fitur Swipe Up di Instagram Stories Fitur Swipe Up di Instagram Stories Blog.dashhudson.com

Fitur yang masih jadi andalan banyak brand hingga selebgram ini memang sangat memudahkan untuk menggiring pengguna ke website yang dituju. Fitur Swipe Up sendiri sangat mampu mendongkrak traffic kunjungan ke website, karena hanya dengan geser ke atas pengguna akan langsung diarahkan untuk masuk ke website yang telah disajikan oleh brand
 
Fitur ini ternyata tidak bisa digunakan oleh semua orang atau brand, karena hanya akun Instagram yang memiliki jumlah follower mencapai 10.000 yang bisa menikmati fitur ini. Jadi jika ingin brand yang kamu miliki punya kesempatan untuk bisa menikmati fitur ini, mulailah dengan membuat konten yang menarik agar follower bertambah. 
 

4. Fitur Ads di Instagram

Fitur Ads di Instagram Fitur Ads di Instagram Advertisemint.com

Melakukan iklan di Instagram sangat mungkin untuk dilakukan, bahkan siapapun yang memiliki akun bisa membuat iklan dan meraih lebih banyak pengguna. Fitur Ads di Instagram ini memiliki banyak format ads yang bisa digunakan, entah itu foto, video, carousel, hingga koleksi. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing brand.
 
Jika kamu sebagai brand ingin memberikan inspirasi secara visual agar pengguna bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, menggunakan format iklan koleksi menjadi solusinya karena menampilkan banyak gambar atau video dalam satu iklan dan bisa langsung di direct ke website. 

5. Fitur Promote

Fitur Promote Fitur Promote Possesocialmedia.com

Jika ingin konten yang di posting dilihat oleh banyak orang dan menghasilkan lebih banyak interaksi, fitur Promote menjadi hal yang patut dicoba. Caranya hanya cukup memilih post dan klik tombol Promote, nantinya kamu akan diarahkan untuk masuk ke akun Facebook dan selanjutnya hanya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan. 
 
Memaksimalkan 5 fitur di Instagram tentunya akan sangat memudahkan kamu sebagai brand untuk meningkatkan pemasaran dan menjangkau lebih banyak pengguna. Kelima fitur ini tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya konten yang menarik, untuk itu teruslah belajar agar mampu menyajikan konten yang menarik bagi target market yang kamu miliki dan yang paling penting selalu update dengan tren.